Pembiayaan Sektor UKM Didukung Ekosistem Digital

Rabu, 22 Juli 2020 - 21:02 WIB
loading...
Pembiayaan Sektor UKM Didukung Ekosistem Digital
Kalangan swasta yang terlibat dalam ekosistem digital juga turut andil dalam pengembangan UKM di Indonesia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mencatat baru ada 8 juta usaha kecil menengah (UKM) atau 13% dari total UKM di Tanah Air yang sudah masuk ekosistem digital. Sektor usaha kecil ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah untuk dikembangkan hingga mencapai 10 juta UKM yang masuk ekosistem digital hingga akhir tahun ini.

Tak hanya pemerintah, kalangan swasta yang terlibat dalam ekosistem digital juga turut andil dalam pengembangan UKM di Indonesia. Termasuk dalam hal memberikan kemudahan terhadap akses pembiayaan.

"Masih banyak pelaku UKM yang belum memiliki akses pembiayaan bank karena karena belum bisa memenuhi persyaratan yang menjadi standar kelayakan pemberian kredit," ujar CEO Investree Adrian Gunadi di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

(Baca Juga: Duh, Ternyata Digitalisasi UMKM Kepentok Modal dan Akses Internet)

Investree, lanjut dia, menjalin kemitraan strategis dengan Mbiz untuk memberikan peluang bagi UKM-UKM Indonesia yang berada di dalam ekosistem pengadaan barang dan jasa agar mampu mempercepat laju pertumbuhan bisnis.

"Sudah menjadi komitmen kami untuk terus berinovasi terutama dalam memberikan kemudahan akses pembiayaan yang lebih cepat dan terjangkau. Melalui fitur pengajuan pinjaman yang terintegrasi, kami siap mendukung UKM dari sisi permodalan untuk menjadi semakin berdaya, kompeten, dan kontributif," ujarnya.

CEO Mbiz Rizal Parmarta menambahkan, aliansi strategis antara Mbiz dan Investree menghadirkan fitur layanan pinjaman digital terintegrasi di platform Mbizmarket itu diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang berperan sebagai penjual.

"termasuk pemasok atau vendor yang terdiri dari perusahaan UMKM di seluruh Indonesia, terutama bagi perusahaan-perusahaan yang terimbas dan harus bertahan di masa pandemi saat ini," paparnya.

Perusahaan skala kecil dan menengah termasuk UKM yang banyak bertransaksi di Mbizmarket diharapkan dapat mengembangkan dan memperlancar usahanya dengan pinjaman dana yang diperoleh dengan bergabung di Mbizmarket.

"Ini merupakan wujud komitmen kami untuk turut mendukung upaya pemerintah menuju Indonesia 4.0 melalui pemberdayaan UMKM melalui pendanaan berbasis teknologi," ungkap Rizal.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4435 seconds (0.1#10.140)