Ekspor China ke Rusia Meroket 153,1 Persen, Nilainya Tembus Rp140,6 Triliun

Minggu, 14 Mei 2023 - 19:50 WIB
loading...
Ekspor China ke Rusia Meroket 153,1 Persen, Nilainya Tembus Rp140,6 Triliun
Ekspor China ke Rusia terus melonjak pada April 2023 dari tahun sebelumnya, usai naik lebih dari dua kali lipat di bulan Maret. Foto/Dok
A A A
BEIJING - Ekspor China ke Rusia terus melonjak pada April 2023 dari tahun sebelumnya, usai naik lebih dari dua kali lipat di bulan Maret. Sementara itu impor kembali ke pertumbuhan satu digit, berdasarkan data resmi bea cukai China.



Ekspor China ke Rusia tercatat naik 153,1% pada bulan April menjadi total USD9,6 miliar atau Rp140,6 triliun (Kurs Rp14.652 per USD), untuk melanjutkan pertumbuhan dalam jalur kenaikan tercepat di Maret saat ekspor tumbuh sebesar 136,4% setelah hanya mencatat pertumbuhan 19,8% dalam dua bulan pertama secara gabungan.

Di sisi lain impor dari Rusia tumbuh hanya 8,06% menjadi USD9,6 miliar setelah mencatat kenaikan 30,3% di Januari dan Februari, dan 40,05% pada Maret. Impor China mengalami kontraksi tajam pada bulan April, memperkuat tanda-tanda permintaan domestik yang lemah meskipun kebijakan pembatasan COVID telah dicabut.



Dimana terpantau impor batu bara turun dari level tertinggi 15 bulan pada bulan sebelumnya. Rusia sebelumnya menjadi pemasok batu bara terbesar kedua China pada awal tahun ini.

Menteri Luar Negeri China, Qin Gang meyakinkan mitranya dari Rusia untuk memperdalam hubungan bilateral dalam pertemuan di India dengan menteri luar negeri lainnya dari Organisasi Kerjasama Shanghai, menjanjikan bahwa "koordinasi dan kerja sama" hanya akan tumbuh lebih kuat.

Sementara itu dilansir Reuters, Uni Eropa (UE) telah mengusulkan untuk menjatuhkan sanksi pada perusahaan-perusahaan China yang dituduh menjual peralatan yang dapat digunakan sebagai senjata untuk mendukung perang Rusia melawan Ukraina.

Badan Bea Cukai China tidak memberikan rincian tentang produk apa yang dapat mendorong perdagangan bilateral dengan Rusia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)