Industri IKM Harus Dandani Produknya Agar Ditaksir Konsumen Global

Rabu, 22 Juli 2020 - 18:42 WIB
loading...
Industri IKM Harus Dandani Produknya Agar Ditaksir Konsumen Global
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap menyelenggarakan Indonesia Good Design Selection 2020 sebagai ajang untuk menciptakan ekosistem industri kreatif di Indonesia. Apalagi, saat ini pelaku usaha, khususnya sektor industri kecil menengah (IKM), perlu meningkatkan kualitas desainnya agar bisa mengikuti selera konsumen dan mampu kompetitif dengan produk impor.

“Ajang ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk industri yang memiliki potensi pasar ekspor sehingga bisa meningkatkan citra positif terhadap produk Indonesia di kancah global,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih, pada peluncuran IGDS 2020 secara virtual, Rabu, (22/7).( Baca juga:Sektor Industri Kreatif Berharap Dukungan BUMN di Masa Sulit )

Berdasarkan Global Industrial Design Market 2020 Research Report, nilai pasar global dari desain produk industri masih sangat besar. Pada tahun 2019, nilai tersebut tercatat mencapai USD45,38 miliar dan diprediksi mencapai USD65,41 miliar pada tahun 2026 dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5,3% selama tahun 2021-2026. Hal ini menunjukkan besarnya peluang di sektor desain produk industri yang dapat terus dioptimalkan.

Gati berharap, gelaran IGDS 2020 dapat melahirkan produk maupun konsep produk baru yang tidak hanya memiliki nilai estetis, namun juga fungsi serta mendatangkan manfaat ekonomi bagi desainer dan pelaku industri selaku pemilik desain sekaligus menjadi motor pendorong bagi dunia desain nasional.

“Kami ingin produk industri nasional bisa menembus pasar internasional,” ungkapnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)