Wall Street Dibuka Naik di Tengah Debat Panas antara Politisi Demokrat dan Republik

Senin, 15 Mei 2023 - 23:56 WIB
loading...
Wall Street Dibuka Naik di Tengah Debat Panas antara Politisi Demokrat dan Republik
Wall Street dibuka naik di tengah kecemasan gagal bayar AS. Foto/reuters
A A A
JAKARTA - Indeks utama Wall Street dibuka menguat pada perdagangan hari ini, Senin (15/5/2023). Pelaku pasar sedang fokus melihat seberapa besar upaya Amerika Serikat dalam mengantisipasi kemungkinan gagal bayar utang atau default.



Dow Jones Industrial Average (DJI) menguat 0,06% menjadi 33.321,21, S&P 500 (SPX) dibuka lebih tinggi sebesar 0,07% di 4.126,65, sedangkan Nasdaq Composite (.IXIC) tumbuh 0,13%, menjadi 12.301,17.

Investor masih cemas terhadap langkah pemerintahan Joe Biden untuk menegosiasikan plafon utang mereka. Potensi gagal bayar kemungkinan terjadi jika Kongres tidak menaikkan batas kredit yang ditetapkan untuk pagu utang mereka.

“Kegagalan utang bukan skenario yang paling mungkin, tetapi setiap perdebatan berkepanjangan atau perkembangan tak terduga berpotensi memicu volatilitasi," kata Direktur Investasi E-Trade Morgan Stanley, Chris Larkin, dilansir Associated Press, Senin (15/5/2023).

Debat panas antara politisi Demokrat dan Republik masih terus berlanjut. Investor berharap kedua pihak dapat mencapai kesepakatan untuk menentramkan psikologis pasar.

Dari sisi makro, pelaku pasar juga menantikan rilis sejumlah data termasuk penjualan ritel, dan produksi manufaktur pada periode April. Kondisi pasar tenaga kerja AS yang cukup tangguh membantu daya konsumsi masyarakat sehingga bisa menopang perekonomian.



Sejumlah perusahaan ritel yang terindeks di S&P500 telah mengeluarkan kinerja kuartalan mereka yang berada di atas ekspektasi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2123 seconds (0.1#10.140)