Dirut Pertamina Beberkan Rencana Jangka Panjang Kejar Target NZE 2060

Selasa, 16 Mei 2023 - 07:38 WIB
loading...
A A A
Sedangkan dari sisi sosial masyarakat, Perseroan sudah memiliki desa berdikari. Sebuah program Perseroan untuk mendorong masyarakat di daerah mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam sebagai cadangan energi di daerah tersebut.

Pada 2022 sudah ada 47 desa yang mendapatkan program tersebut. Program ini diharapkan mampu menjadi cikal bakal suksesnya Indonesia dalam mencapai target NZE di tahun 2060. Kontribusi perseroan dalam program tersebut bukan hanya sekedar memberikan pendamping, namun sekaligus memberikan permodalan bagi desa-desa yang bisa mengolah SDA sebagai sumber energi. Paling tidak bisa digunakan dimanfaatkan oleh penduduk sekitar.

"Contoh misalnya sampah, yang selama ini menjadi masalah, ini kita proses menjadi bio gas yang kemudian gasnya dialirkan melalui pipa dan bisa digunakan untuk memasak oleh ibu-ibu, ada juga yang dari mikro hydro, dan banyak sekali, karena potensi kita untuk Mikro hydro banyak sekali," kata Nicke.



Dia berharap dengan upaya-upaya yang dilakukan tersebut, baik dari usaha di skala bisnis dalam rangka menjaga ketersediaan energi, dan dari aspek sosial dengan pemanfaatan SDA di daerah bisa mewujudkan cita-cita NZE 2060.

"Karena bukan hanya perusahaan besar saja, bukan hanya pemerintah saja yang berkontribusi untuk menciptakan NZE. Seluruh elemen masyarakat sampai dengan desa harus bisa memberikan kontribusi. Maka kita semua dapat menciptakan cita - cita net zero emissions ditahun 2060," pungkas Nicke.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)