Tips Percantik Hunian Saat Lebaran

Rabu, 29 April 2020 - 09:47 WIB
loading...
Tips Percantik Hunian Saat Lebaran
Demi menghormati tamu yang berkunjung pada Hari Lebaran di tengah wabah corona, tidak ada salahnya Anda mempercantik hunian. Foto/ikea.co.id
A A A
JAKARTA - Demi menghormati tamu yang berkunjung pada Hari Lebaran di tengah wabah corona, tidak ada salahnya Anda mempercantik hunian. Tidak harus mengganti perabot, sentuhan kecil pun bisa membuat hunian terlihat berbeda.

Kesenangan menyambut Lebaran bukan hanya soal keberhasilan menyelesaikan puasa. Mendekorasi dan menata ulang rumah pun akan menjadi tantangan dan kesenangan tersendiri. Orang yang biasanya enggan membenahi rumah juga akan berusaha mengubah tampilan rumahnya menjadi lebih rapi dan bersih.

Mempercantik tatanan rumah pada hari raya memang sangat beragam. Mulai mengecat rumah, menata ulang perabot, sampai menambah koleksi furnitur baru. Sebetulnya dengan kreativitas, Anda bisa mengubah tatanan ruang lama terlihat baru. Penataan ruang yang indah tidak harus membuat Anda sibuk mengganti mebel baru dengan yang mahal atau pernak-pernik baru.

Desainer interior Denny Setiawan mengatakan, untuk memperindah hunian menjelang Lebaran tidak perlu dengan interior baru. Yang diperlukan hanyalah inovasi dan kreativitas dalam memanfaatkan barang-barang yang sudah ada. Terlebih dalam kondisi seperti ini, tentu sangat tidak mungkin melakukan renovasi besar.

“Menjelang hari raya, biasanya yang dipersiapkan paling utama adalah ruang tamu. Rumah dibilang baik jika semua ruang bisa berkomunikasi dengan pemilik dan tamunya. Untuk menjaga ruang tamu tetap nyaman, pastikan ruangan ini memiliki bukaan jendela yang lebar dan terkena sinar matahari," ujar Denny.

Tidak sulit untuk memulai menata ruangan. Tahap pertama adalah mengganti kulit sofa lama dengan motif baru. Kualitas perabotan pun bisa ditambal sulam. Jika bahannya terbuat dari kayu jati, Anda bisa menggunakan melamin. Jika bahannya kayu biasa, sebaiknya gunakan cat berwarna cerah.

“Bisa juga menggunakan kain penutup sofa. Kalau dananya besar, boleh menggantinya dengan yang baru atau bisa dengan menambahkan bantal untuk menutupi bahan yang sudah tidak enak dilihat,” paparnya.

Diketahui, sofa menjadi furnitur utama untuk menerima tamu yang datang saat Lebaran nanti. Untuk menjaga agar sofa tetap bersih, Anda harus mengetahui cara tepat membersihkan sofa sesuai jenis kulitnya.

Selain itu, Anda bisa mengubah cat dinding lama dengan nuansa baru. Jika waktu Anda tidak banyak, tidak perlu semua dinding dicat. Pilih salah satu dinding yang menjadi pusat perhatian, misalnya ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang makan.

Setelah dicat, tambahkan aksesori pemanis seperti lukisan bernuansa bunga atau kaligrafi, bisa pula memajang foto keluarga. Namun, jika anggaran dana tidak memungkinkan untuk membeli lukisan atau pigura, Anda bisa memajang kain batik yang masih tampak bagus. Gelarlah karpet kecil berpola, lalu letakkan tanaman di dalam rumah untuk menampakkan kesan segar. Bunga-bunga yang ada di halaman diganti vasnya agar tampak bersih.

Lime green mungkin bisa menjadikan ruang makan atau ruang keluarga terlihat segar. Tetapi jika Anda menginginkan warna yang cenderung lebih formal, penggunaan hijau tua lebih cocok untuk memberikan kesan berbeda saat Anda menyambut kerabat atau keluarga tercinta pada hari raya nanti.

“Penggunaan warna cerah bisa memberikan kesan luas dan lapang, bisa juga dengan menggunakan aksen pada pernak-pernik menggunakan warna yang lebih kuat, semisal hijau tua dan merah marun,” ungkap Denny.

Persiapan lainnya yang perlu mendapat perhatian adalah menata ulang letak furnitur rumah Anda. Pada saat hari raya, pastinya perabot rumah akan bertambah banyak. Sebaiknya Anda perhatikan letak furnitur agar tidak menghalangi sirkulasi tamu yang datang. Contohnya di ruang makan, kursi makan diatur berderet di satu sisi saja sehingga tamu bisa mengambil makanan dengan leluasa.

Anda juga bisa memberikan aksesori unik seperti ketupat kecil dari pita yang bisa menjadi pemanis suasana ruangan yang dilengkapi lampu-lampu bernuansa Timur Tengah. Selain itu, Anda harus memperhatikan kesinambungan antara letak ruangan dan aksesorinya.

"Terpenting, jangan lupa persiapkan ruang kecil untuk tamu mencuci tangan dan membersihkan diri ketika datang. Kita bisa menyiapkan meja kecil untuk meletakkan hand sanitizer. Hal ini hanya untuk mempermudah tamu yang ingin mencuci tangan," kata Denny. aprilia s andyna

Tips Mengubah Dekorasi Ruang Sambut Lebaran

1. Halaman dan Teras yang Bersih

Halaman atau teras adalah hal pertama dari rumah Anda yang harus diperhatikan para tamu. Gunting daun-daun tanaman yang layu dan mengunting, potong rumput yang tumbuh panjang dan bersihkan pot-pot yang mulai lusuh. Jangan lupa menyapu dan mengepel lantai teras, serta merapikan kursi-meja agar terlihat bersih dan juga terawat.

2. Dekorasi Rumah

Tirai atau taplak rumah Anda jangan sampai luput dari kegiatan bersih-bersih. Ganti tirai lama dengan yang bersih untuk membuat suasana rumah lebih cerah. Selain itu pastikan alas meja yang digunakan bersih dari noda. Usahakan menggunakan warna senada untuk tirai dan taplak agar tampilan rumah lebih mengundang tamu untuk masuk. Anda bisa memilih warna-warna hangat untuk menciptakan kesan ruangan lebih akrab, dan pastikan alas meja tidak kusut. Jika punya bujet lebih, bisa juga melengkapi sofa dengan bantal hias agar kesannya lebih semarak.

3. Bersihkan Debu Pada Karpet dan Sofa

Karpet yang penuh debu hanya akan membuat tamu Anda tak nyaman. Apalagi sofa yang kotor dan banyak terkena noda. Bersihkan debu karpet dengan alat penyedot debu dan jamur sebentar di bawah sinar matahari untuk menghilangkan serangan-serangan kecil yang mengganggu. Untuk sofa, jika tidak sempat memanggil tukang pembersih sofa, maka bersihkan seperlunya dengan lap lembab. Jika banyak noda yang tidak bisa hilang, tutupi sofa dengan kain cantik bernuansa etnik.

4. Jaga Kebersihan Tiap Ruangan

Walau pembantu sedang tidak ada, bukan berarti lantai absen dari pel dan sapu. Pastikan Anda tetap membersihkan lantai setiap hari. Apalagi jika tamu akan membuka alas kaki masuk ke rumah. Untuk tetap menjaga kebersihan ruangan, jangan lupa sediakan keset di depan pintu dan tempat sampah yang cukup terlihat. Setelah perangkat besar bersih, jangan lupa singkirkan debu dari permukaan pajangan, TV, keramik, kulkas, lemari, komputer, dan kasa-kasa jendela.

5. Atur Ulang Penataan Rumah

Menerima tamu, apalagi dalam jumlah besar seringkali memerlukan penataan yang berbeda di dalam rumah. Atur kursi-kursi dan meja sehingga para tamu bisa nyaman bergerak. Letakkan beberapa meja kecil untuk kudapan yang bisa diisi dengan kue-kue kering atau permen. Perkirakan jumlah tamu yang datang berbarengan. Jika jumlah kursi tidak mencukupi, siapkan setting ruangan dengan gaya lesehan. Pastikan karpet yang digunakan sudah bebas dari debu.

6. Siapkan Tempat untuk Shalat

Siapkanlah tempat khusus untuk tamu menjalankan ibadah, jika rumah Anda dilengkapi dengan ruang kecil untuk shalat, tentunya tidak perlu repot menyiapkannya. Tapi jika tidak, Anda bisa menggunakan kamar salah satu anggota keluarga sebagai tempat untuk beribadah. Rapikan tempat tidur, karpet, meja rias, serta perabot lain di dalamnya. Sediakan beberapa sajadah, sarung, dan mukena bersih.

7. Bunga dan Pengharum Ruangan

Meletakkan bunga segar dalam ruangan akan membuat rumah Anda lebih wangi dan menyegarkan. Pilih bunga yang menyebarkan harum menyenangkan seperti sedap malam, anyelir, krisan, aster, atau letakkan melati dalam jumlah banyak dalam satu mangkuk cantik. Jika tidak sempat membeli bunga anda bisa menyemprotkan pengharum ruangan. (aprilia S Andyna)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)