Menyiapkan Dana Darurat, Pilar Penting dalam Keuangan

Rabu, 17 Mei 2023 - 14:31 WIB
loading...
Menyiapkan Dana Darurat, Pilar Penting dalam Keuangan
Dana darurat penting dipersiapkan sedini mungkin. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Katadata Insight Center (KIC) pada Agustus 2022 melaporkan 46% responden menabung secara rutin minimal 20% dari pendapatan. Lalu, hanya 41% yang memiliki dana darurat jika terjadi krisis dan dana yang cukup untuk bertahan hidup jika kehilangan pekerjaan.

Head of Corporate Strategi & Compliance MNC Guna Usaha Indonesia Auditya Sandi Aryata mengatakan bahwa dana darurat menciptakan rasa aman, maka dari itu dana darurat penting dipersiapkan sedini mungkin. Perlu diingat bahwa dana ini harus mampu memenuhi pengeluaran tak terduga di masa sulit.



Lalu bagaimana jika ingin mulai menyiapkan dana darurat? Sebelum memulai, pastikan kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi dan sedang tidak dalam keadaan darurat. Selalu perhatikan juga pengeluaran setiap bulan, jangan sampai saat memulai menyiapkan dana darurat kebutuhan hidup jadi sulit.

1. Berapa banyak alokasi dana darurat?

Anggaran dana yang dibutuhkan untuk dana darurat tidak ada hitungan pasti yang diharuskan. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai prioritas berdasarkan kebutuhan sehari - hari. Simak pembahasan berikut untuk menentukan besaran dana darurat.

2. Lajang

Apabila Anda tidak memiliki tanggungan dan cicilan yang besar maka idealnya dana darurat dikumpulkan berkisar 3 - 6 kali pengeluaran bulanan.

3. Menikah

Untuk Kamu yang sudah status menikah maka pastikan dana yang dipersiapkan adalah 9 kali dari besaran pengeluaran rumah tangga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)