Banyak Tenant, Stasiun Kereta Cepat Tegalluar Mirip Terminal 3 Bandara Soetta

Kamis, 18 Mei 2023 - 06:31 WIB
loading...
Banyak Tenant, Stasiun Kereta Cepat Tegalluar Mirip Terminal 3 Bandara Soetta
Stasiun Kereta Cepat Tegalluar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Foto/MPI/Armydian K
A A A
BANDUNG - Stasiun Tegalluar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi stasiun awal dan akhir perjalanan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) selain Stasiun Halim di Jakarta.

100 hari jelang operasional proyek strategis nasional (PSN) ini, pembangunan Stasiun Tegalluar dengan luas sekitar 16.000 meter persegi sudah mencapai 97%.

Dari pantauan MNC Portal, Rabu (17/5), Stasiun Tegalluar terdiri atas tiga lantai. Bangunannya didominasi warna putih baik luar dan dalam. Selain tembok, sebagian fasad dan sekeliling bangunan dihiasi kaca.

Para pekerja tampak menyelesaikan bagian-bagian akhir di dalam dan luar bangunan seperti pemasangan lampu serta panel-panel. Beberapa alat berat beroperasi di luar gedung untuk mendukung pengerjaan sentuhan akhir.

Meski berbeda bentuk, konsep eksterior dan interior bangunan mirip desain Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Terlebih, nantinya, seluruh area baik di lantai 1, 2 maupun 3 akan diramaikan berbagai tenant seperti kafe, resto, toko lifestyle dan counter-counter perbelanjaan lainnya.

Banyak Tenant, Stasiun Kereta Cepat Tegalluar Mirip Terminal 3 Bandara Soetta


"Memang akan ada area komersial di setiap lantai," ungkap Corporate Communication Manager PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Emir Monti, dikutip Kamis (18/5/2023).



Dia menjelaskan, fungsi utama lantai 1 adalah pelayanan ticketing dan check in. Pintu masuk utama stasiun terletak di tengah gedung sisi selatan.

Calon penumpang kemudian naik ke lantai 2 yang fungsi utamanya adalah ruang tunggu dan akses boarding. Jadi, para pengantar hanya bisa mengakses hingga lantai 2.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)