IMA Dorong Anggota Tingkatkan Ekonomi Daerah dengan Program Konkret

Minggu, 21 Mei 2023 - 09:33 WIB
loading...
IMA Dorong Anggota Tingkatkan Ekonomi Daerah dengan Program Konkret
Rakernas IMA 2023 di Padang diikuti lebih dari 250 anggota dari 100 chapter seluruh Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Seiring meredanya Covid-19 , upaya percepatan pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi terus digeber. Upaya ini memerlukan dukungan semua pihak, termasuk organisasi profesi seperti Indonesia Marketing Association (IMA).

Dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023 di Padang pada 18-21 Mei 2023, President IMA, Suparno Djasmin mengharapkan seluruh anggota IMA lebih berperan aktif sekaligus memanfaatkan peluang sesuai kompetensi yang dimiliki dengan membantu dan mendorong berbagai sektor ekonomi di daerah masing-masing melalui program kerja yang konkret.

“Saya berharap bahwa 100 chapter IMA yang tersebar di seluruh Indonesia mampu membuat program yang menggerakkan stakeholder atau pemangku kepentingan dengan program yang konkret, terutama dalam memanfaatkan peluang pasca pandemi Covid-2019,” ujarnya dalam Rakernas yang diikuti lebih dari 250 anggota dari 100 chapter seluruh Indonesia, dikutip Minggu (21/5/2023).

IMA Dorong Anggota Tingkatkan Ekonomi Daerah dengan Program Konkret


Suparno menjelaskan, outlook ekonomi global masih kurang menggembirakan lantaran kondisi sektor keuangan dunia masih terganggu oleh berbagai hal.

“Kita lihat berbagai kondisi seperti tergoncangnya Silicon Valey Bank hingga kasus Credit Suisse di Eropa, di samping inflasi yang tinggi di berbagai negara dampak dari inflasi Rusia ke Ukraina serta pengaruh adanya pendemi Covid-19 selama 3 tahun,” tuturnya.

Namun, kata dia, belakangan ini inflasi global sudah mulai menurun dikarenakan intervensi dari mayoritas bank sentral, termasuk The Fed yang terus menaikan suku bunga yang kini mencapai 5%, atau naik selama 10 kali berturut-turut untuk mengendalikan inflasi.

Indonesia, ungkap Suparno, masih bisa bertahan dikarenakan tingkat inflasi mulai membaik yaitu lebih rendah dari akhir tahun 2022, yang saat itu berada di angka 5,5%. Selain itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang mengalami perbaikan di angka sekitar Rp15.000.

“Situasi makro ekonomi Indonesia yang membaik ini, mengingatkan kita di IMA untuk terus optimistis bahwa negara kita sanggup untuk melewati krisis dengan baik dan kita di IMA secara bersama-sama harus bisa menangkap peluang tersebut,” tandasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)