Dongkrak Harga Ikan, Rizal Ramli Bangun Pelabuhan Baru

Selasa, 03 Mei 2016 - 14:35 WIB
Dongkrak Harga Ikan, Rizal Ramli Bangun Pelabuhan Baru
Dongkrak Harga Ikan, Rizal Ramli Bangun Pelabuhan Baru
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli berencana membangun pelabuhan ekspor dan impor baru, yang dapat digunakan untuk kegiatan ekspor dan impor komoditas perikanan. Ini dilakukan agar harga ikan yang saat ini menurun dapat terdongkrak kembali.

Turunnya harga ikan saat ini disebabkan karena kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk memberantas penangkapan ikan secara ilegal (illegal unreported unregulated fishing/IUU fishing). Sebab, kebijakan tersebut membuat stok ikan dalam negeri menjadi berlimpah dan membuat harganya turun.

Dia mengatakan, selama ini kegiatan ekspor komoditas perikanan masih belum terlalu besar. Ini disebabkan lantaran di daerah penghasil ikan tidak ada kapal regular dan kontainer khusus untuk kegiatan ekspor.

"‎Jadi, harus dibawa dulu ke Surabaya, Bali atau Medan. Jadi kita putuskan, kita akan buka pelabuhan baru supaya ekspor ikan meningkat," kata Rizal di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Namun, sambung mantan Menko bidang Perekonomian ini, jika hanya untuk kegiatan ekspor maka tidak akan efektif, karena kontainer pulang kosong. Sebab itu, rencana ini juga harus dikaitkan dengan kebijakan impor agar kontainer pulang tidak dengan tangan kosong.

"Harus dikaitkan dengan kebijakan impor. Karena kalau misalnya hanya dikaitkan dengan ekspor, ada barang, pulangnya kontainernya kosong," imbuh dia.

Untuk merealisasikan hal tersebut, sambung Rizal, pihaknya juga akan mengkaji setiap lokasi yang akan dibangun pelabuhan ekspor-impor. Lokasi tersebut harus dipastikan ada custom office, imigration, dan karantina (CIK) agar tidak kesusupan barang yang berpenyakit.

"Kita akan rapat satu lagi, plus Mendag, Mentan, Menkumham supaya disiapkan CIK. Tujuannya untuk meningkatkan ekspor ikan Indonesia, supaya harga naik, nelayan tertolong. Karena selama ini nelayan mengeluh, karena harganya turun," pungkas Rizal.

Baca: Konsumsi Ikan Rendah, Rizal Ramli Sentil Kebijakan Menteri Susi
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5324 seconds (0.1#10.140)