Ganjar Siapkan Anggaran Darurat untuk Perbaikan Jalan

Kamis, 25 Mei 2023 - 09:30 WIB
loading...
Ganjar Siapkan Anggaran Darurat untuk Perbaikan Jalan
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat untuk perbaikan jalan yang rusak. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyiapkan anggaran darurat untuk perbaikan jalan yang rusak. Hal itu disampaikan saat meninjau jalan alternatif yang menghubungkan Banjarnegara-Kebumen di Pegedongan, Banjarnegara.

"Kita siapkan anggaran. Apakah itu anggaran perubahan, apakah anggaran kedaruratan untuk segera diperbaiki," ujar Ganjar, Rabu (24/5/2023).



Ganjar meninjau langsung kondisi jalur yang ambles sedalam 2 meter tersebut. Ganjar mendapati amblesnya jalur itu lantaran intensitas hujan yang tinggi di Kabupaten Banjarnegara. Akibatnya, jalur tersebut terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat untuk sementara.

Ganjar menyebutkan, ada dua desa yang sedikit terisolir akibat amblesnya jalan tersebut. Meski demikian, Ganjar menjamin suplai untuk kedua desa tersebut tetap berjalan lancar.

"Di sana ada dua desa yang butuh suplai, kalau kendaraan tidak bisa lewat mesti disediakan kendaraan four wheel drive," ucap Ganjar.

Dia mengimbau warga yang tinggal di sekitar jalur rawan itu untuk tetap waspada dan berhati-hati terutama saat kondisi turun hujan.

Tak hanya itu, Ganjar juga meyakinkan sistem peringatan dini atau early warning system (EWS) yang dibuat oleh BPBD Banjarnegara telah terpasang. Sehingga jika suatu waktu EWS berbunyi, warga tinggal mengikuti instruksi evakuasi.

"BPBD Banjarnegara juga sudah punya temuan membuat alat itu, harganya tidak mahal. Early warning system yang dibuat kawan-kawan BPBD mirip seperti itu," kata Ganjar.



"Maka ini sebagai EWS untuk masyarakat, sehingga masyarakat terbiasa dengan daerah yang memang rawan bencana," tutur Ganjar.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)