Selalu Nempel! Kenali 5 Perbedaan Alfamart dan Indomaret: Cek Deh Nomor 5

Sabtu, 27 Mei 2023 - 22:00 WIB
loading...
Selalu Nempel! Kenali 5 Perbedaan Alfamart dan Indomaret: Cek Deh Nomor 5
Alfmart dan Indomaret memiliki sejumlah perbedaan yang kasatmata. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Sering berdekatan alias nempel, Alfamart dan Indomaret memiliki beberapa perbedaan yang kasat mata. Perbedaan itu ada lantaran keduanya merupakan entitas usaha yang berbeda.



Kedekatan mereka salah satunya adalah bentuk persaingan antara keduanya yang dibungkus oleh penghematan biaya riset. Artinya, jika salah satu dari mereka sudah berdiri di suatu lokasi maka, sudah pasti ceruk pasarnya terbilang lebar.

Dengan demikian, salah satu dari mereka tak perlu lagi mengeluarkan biaya riset untuk memetakan potensi pasar suatu lokasi. Jadi jangan heran jika Alfamart dan Indomaret seperti saudara kembar yang tak ingin dipisahkan.

Ini lima perbedaan Alfamart dan Indomaret:


1. Warna dan Maskot
Meski Alfamart dan Indomaret menggunakan warna yang sama, yaitu merah, biru, kuning, dan putih namun komposisi warna itu berbeda di antara keduanya, terutama di pelang toko. Alfamart menggunakan dua komposisi warna, yaitu merah dan kuning. Sedangkan Indomaret, menggunakan tiga komposisi warna, yaitu merah, biru, dan kuning.

Maskot Alfamart merupakan seekor lebah bernama Albi yang digambarkan sebagai sosok yang ramah dan siap membantu siapa saja. Sedangkan Indomaret menggunakan seekor semut sebagai maskotnya. Semut tersebut dinamakan Si Domar yang digambarkan sebagai sosok pekerja keras, rajin, ramah, dan setia.

2. Slogan

Alfamart memiliki dua slogan yang cukup berkesan di tengah masyarakat. Slogan pertama adalah “Belanja Puas, Harga Pas” yang mulai diluncurkan pada tahun 2003. Pada tahun 2015, Alfamart kembali meluncurkan slogan “Belanja Hemat, Ya di Alfamart”. Kedua slogan tersebut hingga saat ini menjadi slogan utama dari minimarket ini.

Sedangkan, slogan dari Indomaret adalah “Mudah & Hemat”. Slogan itu didasarkan karena Indomaret mudah ditemukan di sejumlah lokasi, perumahan, perkantoran, dan fasilitas umum.
Masing-masing sologan mengusung makna bahwa berbelanja di Alfamart dan Indomaret bisa menghemat pengeluaran. Meski faktanya, kedua ritel itu mematok harga yang lebih mahal dibanding warung-warung kelontong.

3. Tanggal Berdiri

Usia kedua minimarket favorit masyarakat Indonesia ini cukup jauh. Indomaret lahir terlebih dahulu, yaitu pada 20 Juni 1988. Sedangkan Alfamart baru berdiri pada 27 Juni 1999.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2904 seconds (0.1#10.140)