Kemajuan Robot AI Bikin Ngeri, 3 Kategori Pekerjaan Ini Belum Akan Direbut

Senin, 29 Mei 2023 - 06:46 WIB
loading...
A A A
"Saya pikir umumnya ada tiga kategori yang akan relatif terisolasi di masa mendatang," kata Ford.

"Yang pertama adalah pekerjaan yang benar-benar kreatif: Anda tidak melakukan pekerjaan dengan formula atau hanya mengatur ulang sesuatu, tetapi Anda benar-benar datang dengan ide-ide baru dan membangun sesuatu yang baru,"

Namun tidak berarti semua pekerjaan yang dianggap 'kreatif' masuk kategori aman. Bahkan hal-hal seperti desain grafis dan peran yang berhubungan dengan seni visual mungkin termasuk yang pertama pergi.

Algoritma dasar dapat mengarahkan bot untuk menganalisis jutaan gambar, memungkinkan AI untuk menguasai estetika secara instan. Tetapi ada beberapa keamanan dalam jenis kreativitas lainnya, kata Ford: "dalam sains, dan kedokteran dan hukum ... orang-orang yang pekerjaannya datang dengan strategi hukum atau strategi bisnis baru. Saya pikir akan terus ada tempat di sana untuk manusia."

Kategori terisolasi kedua, lanjutnya adalah pekerjaan yang membutuhkan hubungan interpersonal yang kompleks. Dia merujuk kepada perawat, konsultan bisnis, dan jurnalis investigasi.

Hal itu adalah pekerjaan yang katanya, "di mana Anda membutuhkan pemahaman yang sangat mendalam tentang orang-orang. Saya pikir akan butuh waktu yang lama sebelum AI memiliki kemampuan berinteraksi dalam berbagai cara yang benar-benar membangun hubungan personal".

Zona aman ketiga, kata Ford, "adalah pekerjaan yang benar-benar membutuhkan banyak mobilitas dan ketangkasan dan kemampuan memecahkan masalah di lingkungan yang tidak dapat diprediksi".

Banyak pekerjaan perdagangan seperti tukang listrik, tukang ledeng, tukang las dan sejenisnya berada dalam kategori ini. "Mereka adalah jenis pekerjaan di mana Anda berurusan dengan situasi baru sepanjang waktu," tambahnya.

"Mereka mungkin yang paling sulit dari apa pun untuk diotomatisasi. Untuk mengotomatiskan pekerjaan seperti ini, Anda memerlukan robot fiksi ilmiah. Anda akan membutuhkan C-3PO Star Wars," bebernya.

Saat manusia kemungkinan akan tetap dalam pekerjaan yang termasuk dalam kategori tersebut, namun tidak berarti profesi tersebut benar-benar terisolasi dari ancaman kemajuan AI. Bahkan, kata Joanne Song McLaughlin, profesor ekonomi tenaga kerja di University of Buffalo, AS mengutarakan, sebagian besar pekerjaan, terlepas dari industri, memiliki aspek yang cenderung bakal diotomatisasi oleh teknologi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1754 seconds (0.1#10.140)