Pria Kelahiran Iran Menjadi CEO Bergaji Termahal di Dunia

Sabtu, 28 Mei 2016 - 07:47 WIB
Pria Kelahiran Iran Menjadi CEO Bergaji Termahal di Dunia
Pria Kelahiran Iran Menjadi CEO Bergaji Termahal di Dunia
A A A
SEJAK Revolusi Iran, hubungan Iran dengan Amerika Serikat tidak bersahabat. Kendati demikian, bukan berarti orang Iran tidak bisa berkarya di Negeri Abang Sam. Adalah Dara Khosrowshahi, 47 tahun, dengan instuisi bisnisnya dihargai menjadi Chief Executive Officer (CEO) bergaji paling super di dunia.

Melansir dari Fortune, Jumat (27/5/2016), Expedia Inc., perusahaan travel yang bermarkas di Washington DC, AS, memberinya gaji USD9,6 juta per bulan alias Rp130,36 miliar (estimasi kurs Rp13.500 per USD).

Sementara itu, Associated Press mengabarkan bayaran Dara dalam setahun mencapai USD94,6 miliar ekuivalen Rp1,28 triliun. Bayaran ini melesat 881% dibanding tahun sebelumnya. Ia pun mengalahkan nama-nama seperti Leslie Moonves dari CBS yang bergaji USD56,4 miliar per tahun, Philippe Dauman (Viacom) bergaji USD54,1 miliar dan CEO Walt Disney Robert Iger yang mendapat bayaran USD43,5 miliar.

Gaji yang didapat Dara pada 2015 kemarin terdiri dari USD1 juta gaji pokok, USD2,8 juta berupa bonus, dan USD90,8 juta kompensasi dari kinerja saham perusahaan.

Mendapat peringkat pertama CEO dengan gaji termahal di dunia bisa jadi merupakan kado ulang tahun bagi Dara yang lahir di Teheran, Iran, pada 28 Mei 1969.

Di bawah kepemimpinanya, sejak Agustus 2005, Expedia memperluas bisnisnya ke lebih dari 60 negara di dunia melalui Expedia, Hotels.com, dan Hotwire, sebuah merek pemesanan online. Expedia mengoperasikan lebih dari 70 situs pemesanan perjalanan.

Kecemerlangan Dara mengembangkan bisnis perjalanan, saat ia bekerja di Travel IAC, sebuah divisi dari InterActiveCorp. Ia berperan penting dalam ekspansi awal portofolio IAC sebagai merek wisata. Dalam membangun perusahaannya, Dara menekankan pentingnya konsumen. “Hal yang paling sulit bagi saya adalah membangun loyalitas abadi konsumen,” katanya suatu ketika.

Untuk itu, Dara rakus menyerap segala informasi dari konsumen. Dan membuka diri atas ide-ide dari konsumen. Keputusan mendengar konsumen akhirnya membuat apa yang dijalankan menjadi tepat.

Naluri bisnisnya, pada Juni 2013, Dara Khosrowshahi mendapat anugerah Ernst & Young sebagai Pengusaha Pacific Northwest of The Year. Ia juga merupakan salah satu tokoh Iran Amerika.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5337 seconds (0.1#10.140)