Amman Mineral Siap IPO Juli 2023, Bidik Dana Segar Rp12,93 Triliun

Rabu, 31 Mei 2023 - 07:45 WIB
loading...
Amman Mineral Siap IPO Juli 2023, Bidik Dana Segar Rp12,93 Triliun
Amman Mineral Internasional bersiap melantai di Bursa Efek Indonesia Juli 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rencana penawaran umum perdana saham atau initial public offering ( IPO ) PT Amman Mineral Internasional semakin mantap . Entitas usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) itu berencana melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) Juli 2023.

Melansir laman e-ipo, perseroan menggelar penawaran umum dengan menawarkan sebanyak 7,28 miliar saham atau 10% dari total modal ditempatkan dan disetor perseroan. Dengan harga penawaran awal yang ditetapkan sebesar Rp1.650-Rp1.775 per saham.

"Jumlah seluruh nilai penawaran umum perdana saham ini adalah sebanyak-banyaknya sebesar Rp12,93 triliun," demikian tertulis dalam prospektus, Rabu (31/5/2023).



Perseroan juga mengadakan program opsi kepemilikan saham kepada manajemen atau management stock option plan (MSOP) dengan menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 602,33 juta saham atau 0,83% dari modal ditempatkan dan disetor.

Perihal penggunaan dana, sebesar Rp1,78 triliun atau sekitar USD117,20 juta akan digunakan untuk penyetoran modal kepada PT Amman Mineral Industri (AMIN) melalui pengambilbagian saham baru yang akan diterbitkan oleh PT Amman Mineral Industri.

Dana tersebut akan digunakan oleh AMIN untuk membiayai pengeluaran modal atas proyek smelter AMIN yang berlokasi di Dusun Otakeris, Desa Maluk, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Selanjutnya, sebesar Rp3,04 triliun atau USD200 juta akan digunakan oleh perseroan untuk melunasi utang kepada PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT). Dalam hal ini, perseroan tidak memerlukan persetujuan dari pihak ketiga untuk melakukan pelunasan pinjaman kepada AMNT.

Kemudian, sisa dana IPO akan digunakan untuk penyetoran modal kepada AMNT melalui pengambilbagian saham baru yang akan diterbitkan oleh AMNT. Di mana, dana tersebut akan digunakan oleh AMNT untuk membiayai pengeluaran modal atas proyek ekspansi pabrik konsentrator yang berlokasi di Desa Sekongkang Atas, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

"Serta proyek pembangkit listrik tenaga gas dan uap di AMNT yang berlokasi di Desa Benete, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat," tulis prospektus.

PT Amman Mineral Internasional dijadwalkan melantai di bursa pada 5 Juli 2023 dengan kode AMMN. Tanggal efektif diperkirakan akan didapat pada 26 Juni 2023.



Saat ini, perseroan tengah memasuki masa penawaran awal atau bookbuilding yang akan berlangsung sampai 16 Juni mendatang. Kemudian, masa penawaran umum akan digelar pada 28 Juni hingga 3 Juli 2023. Lalu, tanggal penjatahan dan distribusi secara elektronik akan berlangsung pada 4 Juli 2023. Dalam IPO ini, perseroan menunjuk sejumlah sekuritas sebagai penjamin emisi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2140 seconds (0.1#10.140)