5 Negara Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia, Apakah China?

Rabu, 31 Mei 2023 - 08:16 WIB
loading...
5 Negara Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia, Apakah China?
Daftar negara pemberi utang terbesar kepada Indonesia ternyata bukan China. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia mengandalkan utang luar negeri untuk membiayai proyek-proyek pembangunan dan memperkuat pertumbuhan ekonomi. Salah satu sumber utang dari luar negeri terbesar ternyata tidak hanya dari China .

Bank Indonesia (BI) melaporkan Jepang menjadi negara pemberi utang terbesar untuk Indonesia per Maret 2023. Berikut 5 negara pemberi utang terbesar kepada Indonesia per Maret 2023:

1. Jepang

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia, Jepang menjadi salah satu pemberi utang terbesar bagi Indonesia. Kedua negara memiliki hubungan yang kuat dalam berbagai sektor, termasuk infrastruktur dan energi. Banyak proyek pembangunan di Indonesia didanai oleh pinjaman dari Jepang, baik dalam bentuk utang bilateral maupun melalui lembaga keuangan seperti Japan International Cooperation Agency (JICA).

Jepang menduduki urutan pertama dengan pinjaman sebesar USD8,5 miliar atau setara Rp127,1 triliun. Angka tersebut meningkat dari bulan sebelumnya sebesar USD8,4 miliar.

2. Jerman

Sebagai kekuatan ekonomi terbesar di Eropa, Jerman juga memberikan dukungan finansial kepada Indonesia. Pinjaman ini sering kali melalui KfW Development Bank, yang fokus pada proyek-proyek pembangunan berkelanjutan dan perlindungan lingkungan. Jerman ymeminjamkan USD3,8 miliar atau sekitar Rp57 triliun kepada Indonesia

3. China

Dalam beberapa tahun terakhir, Tiongkok telah menjadi salah satu sumber utama pendanaan eksternal bagi Indonesia. Melalui inisiatif Belt and Road, China telah memberikan banyak pinjaman kepada Indonesia untuk mendukung proyek-proyek infrastruktur seperti pembangunan jalan tol, bandara, dan pelabuhan. China meminjamkan utang USD1,3 miliar atau sekitar Rp20 triliun

4. Amerika Serikat

Sebagai salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia, Amerika Serikat juga memberikan pinjaman signifikan kepada Indonesia. Bantuan ini seringkali diberikan melalui berbagai lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF), yang memiliki dukungan finansial dari Amerika Serikat. Amerika meminjamkan USD809 juta atau sekitar Rp12 triliun.

5. Korea Selatan

Korea Selatan telah menjadi mitra ekonomi penting bagi Indonesia. Negara ini memberikan pinjaman untuk mendukung proyek-proyek infrastruktur, termasuk pembangunan jalan, rel kereta api, dan pembangkit listrik. Pinjaman ini sering kali datang melalui Korea Eximbank. Korea Selatan meminjamkan utang ke Indonesia USD867 juta atau sekitar Rp13 triliun.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)