Tak Main-main! Mendag Zulhas Bakal Pertemukan 20 Pengusaha Kakap Indonesia dan Arab Saudi

Rabu, 31 Mei 2023 - 11:11 WIB
loading...
Tak Main-main! Mendag Zulhas Bakal Pertemukan 20 Pengusaha Kakap Indonesia dan Arab Saudi
Mendag Zulhas akan memperbesar kerja sama perdagangan Indonesia dan Arab Saudi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ( Mendag Zulhas ) menyayangkan potensi bisnis antara Indonesia dan Arab Saudi yang belum dimaksimalkan. Padahal, menurutnya, hubungan ekonomi kedua negara sangat besar sehingga bisa memperluas pangsa pasar.



Zulhas mengatakan bisnis Indonesia-Arab Saudi sejauh ini hanya terbatas pada ibadah haji dan UMKM saja. Sementara pengusaha Indonesia sudah banyak melakukan bisnis besar dengan negara lain.

“Jadi Indonesia dan Arab Saudi punya potensi besar, tapi kok tingkat perdagangan kita kecil. Sementara Indonesia dan China besar, dengan Jepang besar, dengan Korea Selatan juga besar, bahkan ASEAN juga besar,” kata Zulhas dalam sambutannya pada acara Forum Bisnis Indonesia-Arab Saudi, di Jakarta, dikutip Rabu (31/5/2021).

Zulhas menuturkan banyak sektor yang dapat dikembangkan dari hubungan perdagangan Indonesia-Arab Saudi, di antaranya sektor energi.

“Sektor yang bakal ditingkatkan energi sudah pasti. Pembangunan juga, berarti (sektor) karya-karya,” kata Zulhas.

Ia menilai selama ini pengusaha besar Indonesia terhalang jarak dengan pengusaha besar Arab Saudi. Ia pun berminat untuk mendekatkan hubungan tersebut dengan mempertemukan 10 pengusaha besar dari negara masing-masing. Diharapkan, dari pertemuan ini, banyak bisnis yang bisa dikerjasamakan.



“Kita undang 10 pengusaha besar Arab Saudi dan undang juga 10 pengusaha besar Indonesia di sini. Ini gap komunikasi yang enggak nyambung kita jembatani,” ucapnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5829 seconds (0.1#10.140)