Agar Terserap Maksimal, HT Usul Bantuan untuk Pelaku Usaha Tak Melulu Lewat Perbankan

Kamis, 23 Juli 2020 - 21:51 WIB
loading...
Agar Terserap Maksimal, HT Usul Bantuan untuk Pelaku Usaha Tak Melulu Lewat Perbankan
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT). Foto/Dok SINDOphoto/Adam Erlangga
A A A
JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) menyarankan agar program bantuan kepada para pelaku usaha, sebagian dananya langsung disalurkan oleh kementerian terkait. Pasalnya, jika dipaksakan melalui perbankan, dikhawatirkan tak terserap maksimal.

"Kalau boleh usul, sekarang ini dana bantuan dari pemerintah masuk ke bank penyangga. Saya rasa itu akan sulit turun ke bawah, karena itu kan tanggung jawabnya mereka yang terbebani. Kalau boleh ada bagian yang didistribusikan langsung oleh kementerian," kata HT saat berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio secara virtual dalam Manajer Gorum MNC Group XL VIII, Kamis (23/7/2020).

Dia mengaku telah membicarakan masalah itu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. "Saya pernah tanya ke Pak Airlangga, memang kebijakannya seperti itu," ujarnya. (Baca: Jika Beleidnya Kelar, Korporasi Padat Karya Bisa Dapat Suntikan Modal )

HT menuturkan, saat itu Menko Perekonomian Airlangga, memberikan solusi dengan cara mencetak uang tunai lebih banyak bila memang ingin tak melalui perbankan.

"Mungkin kalau lebih atas lagi harus berani nyetak uang, kuantitatif fisik. Nyetak uang untuk perbankan-perbankan silakan pakai konsep bank peserta dan bank pelaksana," katanya.

Lebih lanjut, HT menambahkan, agar rencana pemberian bantuan dari pemerintah itu dapat diterima oleh para pelaku usaha, hendaknya kementerian-kementerian juga ikut terlibat. (Baca juga: China Ancam Balas AS Terkait Penutupan Konsul di Houston )

"Saya cenderung melihat tidak jalan karena mereka takut uangnya balik atau enggak. Risikonya mereka harus tanggung. Ini masukan aja. Ini harus pakai kebijakan putusan politik. Sebab kalau tidak, rencananya kita mau bantu, tapi tidak maksimal kalau muter lewat perbankan," kata dia.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)