Kondisi Perbankan Nasional Dipastikan Masih Kuat di Tengah Pandemi

Jum'at, 24 Juli 2020 - 07:52 WIB
loading...
Kondisi Perbankan Nasional Dipastikan Masih Kuat di Tengah Pandemi
Bank Indonesia (BI) memastikan daya tahan perbankan nasional masih kuat di tengah hantaman pandemi Covid-19. Hal ini tercermin dari dana pihak ketiga yang masih sangat baik begitupun juga dengan rasio modal yang terjaga. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memastikan daya tahan perbankan nasional masih kuat di tengah hantaman pandemi Covid-19. Hal ini tercermin dari dana pihak ketiga yang masih sangat baik begitupun juga dengan rasio modal yang terjaga.

(Baca Juga: Restrukturisasi Kredit Bisa Tembus Rp1.200 T, Kuatkah Likuiditas Bank? )

"Bank ini bisa ada daya tahan yang tinggi terhadap ini semua. Karena berdasarkan data makro agregat, sebenarnya dari indikator bank masih baik kayak kalau kita lihat dana pihak ketiga masih terjaga dan arus modal keuangan juga masih terjaga," ujar Asisten Deputi Gubernur Juda Agung dalam diskusi webinar perbankan syariah.

Dia pun melanjutkan saat ini perbankan telah menyiapkan berbagai instrumen agar bisa bertahan dari serangan pandemi viris covid-19. Salah satunya melonggarkan kebijakan kredit.

"Karena covid ini udah menjalar ke Indonesia. Makanya, sejak itu melonggarkan likuiditas, GMW diturunkan," jelasnya.

(Baca Juga: BI Akui Perusahaan Swasta Belum Tersentuh Stimulus, Ini Alasannya )

Sambung dia menerangkan, BI telah mengambil langkah tambahan untuk perbankan nasional agar tetap kuat. Salah satunya melonggarkan kebijakan makro fundamental.

"Intinya adalah pertama, seberapa efektif kita bisa menangani pandemi yang butuh kedisiplinan semua pihak. Kedua, seberapa efektif untuk tangani ekonomi," ungkapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)