Antisipasi Kecurangan, SPBU di Jalur Mudik Ditera Ulang

Rabu, 15 Juni 2016 - 14:01 WIB
Antisipasi Kecurangan, SPBU di Jalur Mudik Ditera Ulang
Antisipasi Kecurangan, SPBU di Jalur Mudik Ditera Ulang
A A A
SERANG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten bersama Polres Serang melakukan pengecekan takaran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pada sepanjang jalur yang dilalui pemudik menuju Pelabuhan Merak, Banten. Pengecekan empat SPBU di sepanjang Jalan Raya Jakarta Serang tersebut dilakukan untuk melindungi konsumen dari kecurangan yang dilakukan pengelola.

"Kita lakukan langkah ini sebagai bentuk antisipasi adanya pengelola SPBU yang main dengan takaran. Ini juga bentuk pencegahan bagi pemudik agar tidak dicurangi saat mengisi bahan bakar," ujar Kepala Seksi Pengawasan Tera Disperindag Banten Agus Subroto, Rabu (15/6/2016).

(Baca Juga: Soal Kecurangan SPBU, Ini Cara Kerja Mesin BBM)

Dia menerangkan petugas memeriksa mesin pengisian bahan bakar dengan mengkur takaran pengisian melalui bejana standar yang dibandingkan dengan penunjuk angka di mesin. Bahkan petugas juga membongkar mesin pengisian SPBU yang dikhawatirkan pengelola melakukan kecurangan seperti kasus di Jakarta menggunakan remote control.

"Setelah dilakukan pengecekan ke empat SPBU hasilnya masih dibatas toleransi, atau tidak ada kecurangan," ujarnya.

Rencananya razia SPBU akan terus dilakukan pihaknya bersama kepolisian hingga arus mudik dan balik lebaran tahun ini. Lanjut dia pengecekan akan dilakukan terutama di jalur mudik dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak, dan menuju objek wisata.

"Jika ditemukan kecurangan, tidak segan akan kami lakukan penyegelan dan penutupan paksa yang berani melakukan kecurangan. Bahkan akan dipidanakan," tukasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4278 seconds (0.1#10.140)