Ini Sikap BEI soal Dugaan Pemalsuan Laporan Keuangan 2 BUMN Karya

Rabu, 07 Juni 2023 - 13:35 WIB
loading...
Ini Sikap BEI soal Dugaan Pemalsuan Laporan Keuangan 2 BUMN Karya
2 BUMN karya diduga memalsukan laporan keuangan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia ( BEI ) menyatakan sedang menunggu klarifikasi dua BUMN karya terkait dugaan manipulasi laporan keuangan. Kedua BUMN yang dimaksud adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).



Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, pihaknya telah melakukan follow up kepada jajaran direksi terkait.

"Prosesnya masih berjalan, informasi sudah kami peroleh lewat ketemu langsung dengan direksi, biarkan mereka mendapatkan kesempatan untuk mengklarifikasi ini," kata Nyoman saat ditemui di Gedung BEI, Rabu (7/6/2023).

Nyoman menerangkan bahwa sesuai aturan, WSKT ataupun WIKA wajib menyampaikan keterbukaan informasi kepada para pemegang saham.

Namun, hingga berita ini diturunkan, keduanya belum memberikan penjelasan kepada investor melalui keterbukaan informasi. Update terbaru pada Senin lalu (5/6), WSKT baru melakukan perubahan susunan komite audit.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan sedang melakukan investigasi terkait keuangan WSKT-WIKA. Tiko, sapaan akrabnya, menuturkan langkah ini dilakukan menyusul adanya laporan yang menduga keuangan kedua emiten konstruksi itu tidak sesuai dengan kondisi riil.



"Kita sedang investigasi Waskita, apakah memang laporan keuangannya selama ini riil, karena selama ini laporan keuangannya tidak riil," kata Tiko dalam Rapat Kerja Komisi VI DPR RI, Senin (5/6).

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)