Nah Loh! Isuzu Bantah Menperin Soal Pemindahan Pabrik dari Thailand ke Indonesia

Kamis, 08 Juni 2023 - 19:02 WIB
loading...
Nah Loh! Isuzu Bantah Menperin Soal Pemindahan Pabrik dari Thailand ke Indonesia
Isuzu membantah pernyataan Menperin soal pemindahan pabrik dari Thailand ke Indonesia. Foto/Isuzu
A A A
JAKARTA - Pembuat truk Jepang Isuzu Motors mengatakan pada hari Kamis (8/6/2023) bahwa perusahaan tidak berencana untuk memindahkan pabriknya dari Thailand ke Indonesia. Pernyataan ini dikeluarkan oleh perusahaan sehari setelah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan perusahaan otomotif asal Jepang itu akan memindahkan pabrik ke Indonesia.


“Perusahaan kami terus fokus pada Indonesia sebagai pasar utama, namun tidak ada rencana untuk merelokasi pabrik Thailand ke Indonesia," ujar Juru Bicara Isuzu, dilansir Reuters, Kamis (8/6/2023).

Menurut jubir tersebut, perusahaan tidak membuat pengumuman tentang masalah ini. Selain itu, Isuzu juga sudah memiliki pabrik di Karawang, Indonesia.

Sebagai informasi, sehari sebelumnya (7/6/2023) Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa perusahaan otomotif Isuzu Motors Ltd. akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada tahun 2024 mendatang. Pernyataan itu disampaikan oleh Menperin pasca-pertemuan dengan jajaran Isuzu Motors Ltd. di Tokyo.

“Pihak Isuzu menyampaikan akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada tahun 2024 mendatang,” ujar Menperin.

Pabrik yang akan dipindahkan tersebut memproduksi UD Trucks yang semula dimiliki oleh Volvo dan diambil alih oleh Isuzu pada tahun 2019. Menperin mengatakan akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik.



Kemudahan itu merupakan apresiasi yang diberikan Kemenperin atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan dengan lancar.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)