Tingkatkan Ekonomi Digital, Ganjar Serius Dukung Industri Esports

Jum'at, 09 Juni 2023 - 20:43 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi Digital, Ganjar Serius Dukung Industri Esports
Ganjar Pranowo terus mendukung industri esports untuk meningkatkan ekonomi digital. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui industri esports. Sebagai Ketua Dewan Pembina IESPA Jawa Tengah, dukungan tersebut dilakukan melalui pembinaan hingga memenangkan turnamen bergengsi. Salah satunya IESPA Central Java Esports Summit: Singapore yang dimenangkan seluruhnya oleh ketiga tim perwakilan Jawa Tengah.

"Dari situlah kita bisa mengoptimalkan seluruh bakat yang terlibat dalam dunia esports ini. Dunia ini bukan hanya bicara tentang player, tetapi juga ada coach, talent scouting, analis, manager dan lain sebagainya. Maka saya berharap, ini bukan event yang pertama sekaligus terakhir. Semoga dapat berkelanjutan sebagai ruang lain untuk jalinan persabatan pemuda antar negara," ujar Ganjar melalui pernyataannya, dikutip Jumat (9/6/2023).



Menurut Ganjar pergerakan pemuda di era masa kini yang tanpa batas dan potensi besar kemajuan negara di kawasan Asia Tenggara diinisiasi oleh para pemuda melalui kerja sama antara pemuda yang bisa tercipta melalui ajang kompetisi esports.

"Esports menjadi ruang diplomasi bagi pemuda-pemuda kita, dan kenyataan itu tidak bisa kita tolak. Mengajak mereka ngobrol lebih intens tentang dunianya, tentang rencana dan targetnya, darisitu kita bisa menyiapkan infrastruktur yang sesuai dengan harapan mereka," kata Ganjar.

Sementara, Ketua Umum IESPA Jawa Tengah BRM Suryo Adhityo Nuswantoro menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan. Turnamen IESPA Central Java Esports Summit ini telah sukses terlaksana berkat dukungan penuh dari Ganjar.

"Pak Ganjar konsisten mendukung seluruh kegiatan pembinaan esports khususnya yang berada di Jawa Tengah karena menyadari potensi yang sangat besar dalam perkembangan esports di Tanah Air," kata dia.

Sementara, Chandra Kusuma, selaku bagian dari tim penyelenggara turnamen di Singapura turut mengungkapkan optimismenya akan pertumbuhan industri esports Indonesia setelah menyaksikan langsung para talenta tim esports Indonesia dari Jawa Tengah membuktikan keahliannya dengan memborong tiga piala sekaligus.

"Keberpihakan Pak Ganjar terhadap pengembangan talenta pemuda Indonesia terbukti dengan dukungan nyata dan konsisten beliau dalam turnamen ini. Ini bukan pertama kali mendukung esports, tapi sudah terbukti berulang kali dalam beragam kesempatan, acara dan turnamen. Pak Ganjar adalah pemimpin yang suportif, inklusif dan visioner," ungkap Chandra.



Chandra menambahkan totalitas dan keseriusan Ganjar mendukung aspirasi, passion dan hobi para pemuda di Tanah Air dalam ranah esports memiliki peranan kunci dalam keberhasilan tim esports Jawa Tengah membawa pulang tiga piala dan sapu bersih juara satu, dua dan tiga.

"Para partisipan dalam turnamen ini yang mayoritas masih muda merasa dirangkul dan didukung penuh oleh Pak Ganjar yang percaya mereka bisa bersaing secara global. Jadinya mereka tidak hanya bersemangat, namun juga merasa bertanggung jawab untuk memberikan yang terbaik saat melawan belasan tim dan kompetitor dari negara asing," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3155 seconds (0.1#10.140)