Mentan SYL: Kita Harus Siap Hadapi Ancaman Krisis Pangan Global

Senin, 12 Juni 2023 - 17:36 WIB
loading...
Mentan SYL: Kita Harus Siap Hadapi Ancaman Krisis Pangan Global
Perubahan iklim dan konflik geopoltik bisa menimbulkan ancaman krisis pangan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ( Mentan SYL ) mengatakan adanya ancaman krisis iklim akan menyeret dampak pada krisis pangan . Peralihan musim ekstrem dan tidak menentu akan mengancam produktivitas pertanian yang berdampak pada ancaman krisis pangan.



Mentan mengungkapan dunia akan dihadapkan pada ancaman krisis pangan global, karena 30% produktivitas pertanian diprediksi akan terus menurun. Indonesia sebagai negara agraris menurutnya harus siap menghadapi ancaman tersebut.

“Kita harus siap mengantisipasi perubahan iklim dan ancaman krisis pangan global,” ujar Syahrul dalam pernyataan tertulisnya, Senin (12/6/2023).

Di samping itu, Mentan juga menjelaskan bahwa sektor pertanian merupakan bantalan ekonomi di masa pandemi. Sektor pertanian memiliki kontribusi positif terhadap struktur pertumbuhan ekonomi di Indonesia sehingga perlu diperkuat untuk menghadapi ancaman krisis pangan global.

"Kita harus berterima kasih kepada petani, karena pertanian menjadi bantalan ekonomi dalam menghadapi pandemi," ujar Syahrul.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menjelaskan, program utama Kementan adalah juga untuk mengantisipasi El Nino dan antisipasi krisis pangan global sebagai dampak pandemi, perubahan iklim, perang Rusia-Ukrania.

Menurutnya ketiga antisipasi tersebut menjadi tantangan di sektor pertanian, baik di dunia maupun Indonesia. Perubahan iklim bisa menimbulkan gagal panen, konflik geopolitik akan menghambat dari sisi rantai pasok industri.

Salah satu dampak yang dirasakan oleh adanya konflik tersebut adalah mahalnya harga pupuk yang hingga saat ini masih diimpor. Alhasil dengan biaya pupuk yang mahal, praktik biaya produksi pertanian pun menjadi mahal.



"Untuk itu saya mengajak semua untuk menyamakan langkah dalam antisipasi masalah ini," pungkas Dedi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4357 seconds (0.1#10.140)