Mantri dan Agen BRILink Dekatkan Pelayanan Perbankan kepada UMKM di Bogor

Senin, 12 Juni 2023 - 18:27 WIB
loading...
Mantri dan Agen BRILink Dekatkan Pelayanan Perbankan kepada UMKM di Bogor
Pemimpin Kantor Cabang BRI Bogor Dewi Sartika, Suristanta (tengah) dan Manager Bisnis Mikro Kantor Cabang BRI Bogor Dewi Sartika Johnni Leonard Pajung (kanan) saat acara Pesta Rakyat Simpedes, Minggu (10/6/2023). Foto/SINDOnews/Wasis Wibowo
A A A
JAKARTA - Kantor Cabang BRI Bogor, Dewi Sartika memaksimalkan peran para mantri dan agen BRILink untuk memberikan pelayanan secara langsung kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Para mantri dan agen BRILink juga berperan penting untuk mengenalkan produk keuangan BRI kepada UMKM yang berada di wilayah pedesaan.



Pemimpin Kantor Cabang BRI Bogor Dewi Sartika, Suristanta mengatakan, untuk melayani nasabah dan UMKM yang tersebar di kota dan kabupaten Bogor, BRI sudah mempunyai satu kantor cabang, satu kantor cabang pembantu (KCP), dan 22 kantor unit.

Mantri dan Agen BRILink Dekatkan Pelayanan Perbankan kepada UMKM di Bogor


Untuk semakin mendekatkan pelayanan, kata Suristanta, BRI Bogor Dewi Sartika memaksimalkan peran para mantri dan agen BRILink. Saat ini ada sekitar 143 mantri dan 1.600 agen BRIlink yang siap memberikan pelayanan perbankan dan mengenalkan produk keuangan BRI.

“Seorang mantri memegang dua desa, jadi sebanyak 143 mantri akan fokus memberikan pelayanan di sekitar 286 desa,” ujar Suristanta pada acara Pesta Rakyat Simpedes di Kantor Cabang BRI Bogor Dewi Sartika, Sabtu (10/6/2023).



Suristanta menambahkan, BRI Bogor Dewi Sartika juga memiliki agen BRIlink yang bisa memberikan pelayanan perbankan dari tempat usahanya masing-masing. Agen BRILink memberikan pelayanan transfer uang, tarik tunai, setor tunai, pembelian pulsa telepon, dan token listrik.

“Agen BRILink juga bisa merekomendasikan (referral) memberikan pinjaman kepada BRI jika ada masyarakat atau UMKM yang membutuhkan permodalan. Jadi agen BRILink ini merupakan kepanjangan tangan BRI untuk memberikan pelayanan perbankan kepada masyarakat,” tutur Suristanta.

Sementara itu, Manager Bisnis Mikro Kantor Cabang BRI Bogor Dewi Sartika Johnni Leonard Pajung menjelaskan, ada beberapa produk keuangan BRI sebagai pinjaman atau kredit kepada nasabah. Di antaranya, Kupedes (Kredit Umum Pedesaan), BRIGuna Karya, KUPRA (Kredit Umum Pedesaan Rakyat), dan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

“Sampai Mei 2023, untuk penyaluran kredit KUR Mikro sudah mencapai Rp153 miliar lebih. Total jumlah debitur (peminjam) sebanyak 108.673 orang, dengan rincian KUR sebanyak 57.785 debitur, Kupedes 47.627 debitur, KUPRA 4.406 debitur, dan BRIGuna 2.855 debitur,” tutur Johnni.

BRI Bogor Dewi Sartika menggelar acara Pesta Rakyat Simpedes secara rutin setahun dua kali. Kegiatan ini untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah mempercayakan penempatan dana kepada BRI.

Dalam acara Pesta Rakyat Simpedes diundi berbagai hadiah untuk nasabah BRI, menampilkan kesenian budaya, dan stand UMKM binaan BRI. UMKM yang hadir mengenalkan dan promosi berbagai produk berupa makanan dan minuman kepada pengunjung.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)