Antisipasi Dampak El Nino, Ganjar Ajak Tandur Pangan di Pekarangan Rumah

Jum'at, 16 Juni 2023 - 15:30 WIB
loading...
Antisipasi Dampak El Nino, Ganjar Ajak Tandur Pangan di Pekarangan Rumah
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut memeriahkan acara jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Purwodadi, Grobogan, Jateng, Jumat (16/6/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
GROBOGAN - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak masyarakat bersiap menghadapi dampak El Nino . Mulai dari potensi kekeringan, ketahanan pangan, dan penyakit yang akan muncul.

"Menghadapi El Nino pekarangan-pekarangan musti kita manfaatkan hari ini. Tanami apa saja sehingga nanti jika ada apa-apa pangan kita cukup," kata Ganjar saat mengikuti jalan sehat memperingati Hari Pancasila, di Alun-alun Purwodadi, Jumat (16/6/2023).



Ganjar mengatakan menanam bahan pangan di pekarangan diharapkan dapat mengantisipasi dampak El Nino. Ganjar juga mengingatkan seluruh pihak tentang diversifikasi pangan khususnya ibu rumah tangga, kembali memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman pangan.

"Saya juga mengingatkan karena tadi banyak masyarakat, ibu-ibu, agar di tempat masing-masing menghadapi kekeringan ini kami kasih pesan," tutur Ganjar.

Tak hanya ketahanan pangan, El Nino juga bisa menyebabkan penyakit. Sebab itu dia mengajak masyarajat untuk menjaga kebersihan dan tidak lupa berolahraga.

Selain itu, Ganjar juga mengajak masyarakat memanen air hujan untuk dimanfaatkan ketika menghadapi situasi kekeringan. Air hujan bisa dipakai untuk irigasi lahan pertanian maupun kebutuhan air bersih.

"Hujannya masih tersisa, coba hujannya dipanen, ditampung, disimpan agar kemudian nanti menghadapi situasi yang sulit tapi penuh dengan kesiapsiagaan. Badannya sehat, kita bisa menyimpan air untuk air bersih, dan kebutuhan makan bisa terpenuhi mandiri. Pemerintah juga akan siapkan untuk jangka panjangnya," pungkas Ganjar.



Sebagai informasi, acara jalan sehat itu diikuti 20.000 masyarakat Grobogan. Hadir juga Bupati Grobogan Sri Sumarni, Forkopimda Grobogan, dan anggota DPR RI Evita Nursanty.

"Masyarakat berduyun-duyun dan senang. Ini ulang tahun ke-297 Kabupaten Grobogan ya. Kita senang karena lagi-lagi ketika kita mengajak anak-anak dan warga ikut jalan sehat antusiasmenya luar biasa,” kata Ganjar usai lari.

“Kata Bu Bupati 20 ribuan hari ini yang ikut sejak pagi tadi. Maka gemar olahraga ada di mana-mana. Ini investasi yang bagus," jelas Ganjar.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2115 seconds (0.1#10.140)