Program Prakerja Tingkatkan Kolaborasi untuk Bangun Angkatan Kerja Berkualitas

Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:15 WIB
loading...
A A A
Pada Februari 2023, hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), menunjukkan adanya peningkatan dalam jumlah angkatan kerja di Indonesia, mencapai 146,62 juta orang. Selain itu Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) juga mengalami penurunan sebesar 0,38% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tentunya hal ini menunjukkan tren positif atas kesiapan tenaga kerja untuk berpartisipasi dalam perekonomian Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Karier.mu, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, dan G-Trust Learning berkomitmen untuk mewujudkan visi program bahwa pendidikan tidak terhenti di jenjang sekolah saja, tetapi terus berjalan sepanjang hayat (lifelong learning). Sejalan dengan visi itu, bagi angkatan kerja yang ingin membuka peluang karier dan usaha baru melalui pelatihan, dapat mendaftar di situs prakerja.go.id.

Prakerja merupakan program berbasis pengembangan kompetensi kerja serta kewirausahaan bagi pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja yang memerlukan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha kecil dan mikro. Prakerja membuka gelombang setiap dua minggu agar masyarakat mendapat kesempatan lebih besar untuk menjadi peserta.

Melalui Prakerja, pemerintah memberikan kesempatan akses pelatihan bagi angkatan kerja di Indonesia. Program ini juga merupakan bagian dari kolaborasi antara pemerintah dengan pihak swasta seperti Karier.mu dalam memberikan pelayanan akses kepada masyarakat dengan semangat gotong royong untuk sumber daya manusia yang unggul.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)