Mentan Negara-negara G20 Pastikan Pemenuhan Pangan Global Sesuai Arah yang Tepat

Sabtu, 17 Juni 2023 - 14:25 WIB
loading...
Mentan Negara-negara G20 Pastikan Pemenuhan Pangan Global Sesuai Arah yang Tepat
Pertemuan para menteri pertanian negara-negara G20 di India menjadi momen untuk terus memastikan pembangunan pertanian berkelanjutan, dan pemenuhan pangan secara global sesuai arah yang tepat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) menghadiri pertemuan dengan para menteri pertanian negara- negara G20 di India. Adapun, dia menilai pertemuan ini sebuah hal yang positif. Menurut dia, ini menjadi momentum untuk memastikan pembangunan pertanian berkelanjutan .

“Ini menjadi momen bagi kita untuk terus memastikan pembangunan pertanian berkelanjutan, dan pemenuhan pangan secara global sesuai arah yang tepat,” kata Mentan Syahrul dalam keterangannya, Sabtu (17/6/2023).



Selain itu dalam pertemuan G20 ini, akan menyerahkan estafet kepemimpinan ke Brazil. “Sebagai troika bersama India dan Brazil, kita juga akan memberikan pernyataan sekaligus penyerahan estafet keketuaan pada Brazil yang akan menjadi Presidensi G20 tahun depan,” ungkap Mentan.



Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal krisis pangan dunia. Jokowi mengingatkan ada ratusan juta orang di dunia yang terancam kelaparan akibat krisis pangan.

"Hati-hati di sektor ini (pangan) juga sekarang ini sangat rawan kita tahu krisis pangan di mana-mana 345 juta orang di dunia terancam kekurangan pangan dan kelaparan," kata Jokowi dalam acara pembukaan Sensus Pertanian 2023 secara virtual, Senin 15 Mei lalu.

Jokowi mengatakan, krisis pangan terjadi akibat perubahan iklim dan kondisi geopolitik dunia karena perang. Menurutnya, sektor pangan merupakan sektor paling strategis karena mampu menyediakan lapangan pekerjaan.

"Peran yang sangat strategis ke depan dan menyediakan pekerjaan 40 juta orang hidup di sektor ini, ini sudah 29 persen dari angkatan kerja," ujarnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)