TikTok Gelontorkan Rp182,5 M Dukung 120.000 UMKM di Asia Tenggara, RI Dapat Apa?

Minggu, 18 Juni 2023 - 21:45 WIB
loading...
TikTok Gelontorkan Rp182,5 M Dukung 120.000 UMKM di Asia Tenggara, RI Dapat Apa?
CEO TikTok, Shou Chew saat menghadiri acara TikTok Southeast Asia Socio-Economic Impact Report di Jakarta, Kamis (15/6/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - TikTok bakal menggelontorkan dana USD12,2 juta atau sekira Rp182,5 miliar dalam tiga tahun ke depan guna mendukung lebih dari 120.000 UMKM di Asia Tenggara. Para pelaku UMKM akan dibantu untuk beralih ke bisnis daring (online) dan go digital.

Komitmen investasi jutaan dolar tersebut diumumkan oleh kata Chief Executive Officer (CEO) TikTok, Shou Chew saat menghadiri acara TikTok Southeast Asia Socio-Economic Impact Report di Jakarta, Kamis (15/6).

Tentu bukan tanpa alasan TikTok mengguyur dana jutaan dolar. Di Asia Tenggara, terdapat lebih dari 325 juta orang yang mengakses TikTok setiap bulannya dan 15 juta bisnis juga menjadi pengguna platform tersebut.

Selain itu, investasi tersebut didukung oleh peran kuat TikTok sebagai platform pendukung bisnis dan kreator. Merujuk laporan bertajuk "Efek TikTok: Menumbuhkan Bisnis, Memajukan Edukasi, dan Memberdayakan Komunitas di Asia Tenggara", para pelaku UMKM yang disurvei mengalami peningkatan pendapatan hampir 50% melalui penjualan produk dan layanan di TikTok.

Selain itu, empat dari lima bisnis (79%) memanfaatkan TikTok untuk beralih dari kanal pemasaran luring ke daring. Temuan lainnya, lebih dari 80% kreator TikTok yang disurvei mengalami peningkatan pendapatan melalui beragam peluang, termasuk di antaranya TikTok Live dan kerja sama konten bermerek.

“Kami memiliki peran besar dalam memperluas berbagai peluang ekonomi, edukasi, dan pembangunan komunitas di wilayah ini dan di seluruh dunia,” ujar Shou Chew, dikutip Minggu (18/6/2023).

“Kami sangat senang melihat dampak positif dari TikTok dan kami berkomitmen melanjutkan upaya kami dalam mendukung individu, komunitas, dan bisnis untuk terus tumbuh dan semakin maju,” imbuh pria kelahiran Singapura, 1 Januari 1983.

Adapun investasi jutaan dolar tersebut tidak hanya berupa dana hibah tunai melainkan juga akan diberikan dalam bentuk lain seperti pelatihan bagi UMKM.

“Kami akan membangun pusat pelatihan keterampilan digital dan kredit iklan untuk UMKM, termasuk bisnis mikro di wilayah pedesaan dan pinggiran kota,” ungkap Shou Chew.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1066 seconds (0.1#10.140)