Menaker Ungkap 3 Langkah Wujudkan Hasil Konferensi Perburuhan Dunia

Senin, 19 Juni 2023 - 07:40 WIB
loading...
Menaker Ungkap 3 Langkah Wujudkan Hasil Konferensi Perburuhan Dunia
Keadilan sosial bagi pekerja harus diwujudkan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Konferensi Perburuhan Internasional (International Labour Conference/ILC) ke-111 yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss, resmi ditutup. Beberapa rekomendasi dan resolusi ILC antara lain adopsi standar internasional pemagangan berkualitas, transisi yang adil, pelindungan tenaga kerja dan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), serta laporan program dan anggaran ILO 2024/25.



Hasil ini diharapkan bisa membawa dampak positif bagi Indonesia dalam pembangunan ketenagakerjaan, khususnya untuk memajukan keadilan sosial.

Dalam sidang pleno ILC ke-111, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah lewat pidato nasionalnya menyoroti tiga upaya yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan keadilan sosial di dunia kerja. Pertama, memastikan ketersediaan penyerapan tenaga kerja secara menyeluruh dan produktif serta pentingnya pembelajaran sepanjang hayat.

Kedua, revitalisasi kelembagaan pasar kerja sebagai kunci untuk mengurangi ketidaksetaraan di dunia kerja. Terakhir, meningkatkan kualitas serta kondisi kerja melalui pelindungan bagi pekerja dalam mendukung transisi yang berkeadilan akibat perubahan iklim.

"Bagi kami, keadilan sosial adalah bagian dari lima prinsip dasar Indonesia, yang dirancang oleh para pendahulu kami untuk mencapai kesejahteraan bagi rakyat. Indonesia mendukung sepenuhnya agenda memajukan keadilan sosial ini untuk dilaksanakan secara komprehensif dan tanpa meninggalkan siapa pun," kata Ida Fauziyah dalam keterangan tertulisnya, Minggu (18/6/2023).

Menaker Ida juga mengajak menteri-menteri ketenagakerjaan di kawasan ASEAN untuk melakukan breakfast meeting. Dalam kesempatan itu, Ida mengajak negara-negara ASEAN untuk meningkatkan kerja sama dan kolaborasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) guna mendorong peningkatan daya saing kawasan ASEAN terhadap ekonomi global.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Indah Anggoro Putri menyatakan, Indonesia mendukung kesimpulan yang telah diadopsi oleh Komite General Discussion mengenai transisi yang adil.

"Kami menekankan perlunya mendukung transisi yang adil untuk mencapai keadilan sosial, menghapus kemiskinan, dan mendukung pekerjaan layak. Indonesia mendukung pedoman ILO untuk transisi yang adil menuju ekonomi dan masyarakat yang berkelanjutan sebagai dasar tindakan dan referensi sentral guna pembuatan kebijakan," kata Indah.

Selain itu, Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Budi Hartawan menekankan bahwa pengembangan SDM menjadi perhatian serius dunia dalam menghadapi ketidakpastian dan tantangan global ketenagakerjaan. Oleh karena itu, diperlukan ekosistem ketenagakerjaan yang kuat, termasuk melalui inovasi dalam bidang pemagangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)