Wapres Apresiasi Upaya Mendongkrak Pembiayaan Perumahan Syariah

Senin, 19 Juni 2023 - 11:04 WIB
loading...
Wapres Apresiasi Upaya Mendongkrak Pembiayaan Perumahan Syariah
Wapres Maruf Amin saat peluncuran EBAS SP. Foto/BiroSetWapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan apresiasinya atas upaya PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) bersama PT Bank Syariah Indonesia TBK dalam mendorong pendalaman pasar modal syariah di Indonesia melalui transaksi sekuritisasi syariah dengan menerbitkan EBAS SP (efek beragun aset syariah berbentuk surat partisipasi) pertama di Indonesia. Menurut Wapres, pencatatan efek itu kian menambah ragam instrumen keuangan syariah .



"Ini menjadi sumber alternatif pembiayaan di sektor perumahan bagi perusahaan dan juga sebagai alternatif investasi bagi masyarakat selain sukuk, saham, dan reksadana syariah," imbuh Wapres dalam seremoni dan pencatatan perdana, Senin (19/6/2023).

Selain diversifikasi sumber pembiayaan, lanjut Wapres, penerbitan EBAS SP memiliki banyak manfaat lain. Diantaranya, keuntungan yang didapat dari pemakaian instrumen ini dapat membantu perkembangan perusahaan, penyediaan dana yang lebih murah, serta dapat digunakan oleh perusahaan berskala menengah kecil dalam meningkatkan likuiditas perusahaan.

Wapres pun mengimbau agar inovasi dalam bidang instrumen keuangan syariah dapat terus ditingkatkan. Sehingga, akan memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi dunia keuangan syariah dan masyarakat.

"Di pasar keuangan berbagai instrumen keuangan terus berkembang mengikuti zaman dan kebutuhan masyarakat," papar Wapres.

"Inovasi-inovasi produk keuangan terus bermunculan, terlebih di era digitalisasi ini, yang menuntut sektor keuangan syariah juga harus mampu dan cepat beradaptasi terhadap perkembangan produk-produk yang ditawarkan," pungkas Wapres.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) Ananta Wiyogo, mengungkapkan bahwa tingginya animo investor kepada EBA syariah menunjukkan bahwa instrumen ini banyak ditunggu oleh masyarakat. EBA syariah bisa menjadi langkah positif terkait alternatif baru produk investasi berbasis syariah yang dapat mendorong terwujudnya perluasan pasar dan inklusivitas keuangan.

“Sekuritisasi merupakan upaya keberlanjutan kami dalam menciptakan pendanaan kreatif untuk menyediakan sumber pendanaan jangka menengah panjang bagi pembiayaan perumahan," kata Ananta.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BRIS) Hery Gunardi menyampaikan, Bank Syariah Indonesia menyatakan komitmennya untuk mendukung program pemerintah dalam memperkuat pembiayaan perumahan dengan skema syariah. Dukungan itu diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan terhadap kepemilikan rumah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2927 seconds (0.1#10.140)