Jumlah Penerima Bantuan Sosial Diperbesar hingga 29 Juta Orang

Sabtu, 25 Juli 2020 - 15:57 WIB
loading...
Jumlah Penerima Bantuan Sosial Diperbesar hingga 29 Juta Orang
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani , mengatakan pemerintah mengalokasikan bantuan hingga Rp203 triliun yang akan dikucurkan dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) maupun bantuan sembako selama pandemi. Angka itu diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan hidup hingga 29 juta orang yang berpenghasilan rendah.

“Jumlahnya mencapai Rp203 triliun. Itu akan cover masyarakat paling bawah 10 juta hingga 20 juta yang mendapatkan BLT maupun sembako. Akan kami expand (perluas) hingga 29 juta yang mencakup seluruh masyarakat bawah, di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua,” kata Sri Mulyani dalam acara Future Financial Festival, Sabtu (25/7/2020). ( Baca juga:Stimulus Pemerintah Tidak Cukup Tahan Angka Kemiskinan )

Mantan petinggi bank dunia ini mengatakan, tujuan pemberian BLT tersebut untuk menopang agar masyarakat yang menurun pendapatannya mereka bisa bertahan selama pandemi. Selain BLT, pemerintah juga menganggarkan dana lebih dari Rp87 triliun untuk program kesehatan.

“Semua dimobilisasi untuk bisa mempersiapkan ancaman Covid. Apalagi bantuan sosial ini memang sudah masuk dalam program pemulihan ekonomi," katanya.

Menurutnya, masyarakat yang terkena dampak negatif dari Covid-19 akan mendapatkan dukungan dari negara melalui APBN, khususnya masyarakat dengan tingkat ekonomi paling bawah yang mengalami dampak negatif luar biasa.

"Oleh karena itu pengelaloan APBN dan beberapa program relaksasi yang kita buat bisa memberikan stimulus ekonomi Indonesia," jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5598 seconds (0.1#10.140)