Status Pandemi Covid-19 Dicabut, Jokowi Optimistis Ekonomi Meningkat

Rabu, 21 Juni 2023 - 16:07 WIB
loading...
Status Pandemi Covid-19 Dicabut, Jokowi Optimistis Ekonomi Meningkat
Presiden Jokowi resmi mencabut status pandemi Covid-19 menjadi endemi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) resmi mencabut status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Dia optimistis kebijakan tersebut dapat meningkatkan ekonomi.

"Tentunya dengan keputusan ini pemerintah berharap perekonomian nasional akan bergerak semakin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/6/2023).



Meskipun status pandemi dicabut, Jokowi meminta masyarakat tetap waspada dan berhati-hati untuk tetap menjalankan hidup sehat. "Walaupun demikian saya meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati serta terus menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menjelaskan alasannya mencabut status pandemi menjadi endemi. Hal itu, kata Jokowi, dikarenakan angka konfirmasi harian Covid-19 mendekati nihil.

"Keputusan ini diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka konfirmasi harian kasus covid-19 mendekati nihil. Hasil zero survei menunjukkan 99% masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi covid-19," jelasnya.



Jokowi telah memutuskan mulai hari ini Rabu 21 Juni 2023 status pandemi Covid-19 berubah menjadi endemi. Diketahui hampir 3 tahun Indonesia dilanda virus corona.

"Setelah tiga tahun lebih kita berjuang bersama mengahadapi pandemi Covid-19 sejak hari ini Rabu 21 Juni 2023 pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi dan kita mulai memasuki masa endemi," tandas Jokowi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)