Daftar Orang Terkaya Dunia 2023 yang Makin Tajir Gegara Robot AI

Kamis, 22 Juni 2023 - 13:02 WIB
loading...
Daftar Orang Terkaya Dunia 2023 yang Makin Tajir Gegara Robot AI
Daftar orang terkaya dunia 2023, yang semakin tajir didorong AI. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Daftar orang terkaya dunia 2023, yang semakin tajir didorong ledakan pasar saham dari industri kecerdasan buatan atau AI . Kecerdasan buatan menjadi salah satu penentu pasar saham tahun ini.

Salah satunya didorong ChatGPT yang dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Banyak investor bergegas mengambil saham yang diyakini memberikan keuntungan besar.

Raksasa teknologi seperti Meta Platforms dan Nvidia telah memperoleh keuntungan tiga kali lipat berkat ledakan AI. Sementara, Microsoft, induk Google Alphabet, dan Oracle juga melonjak.

Saham Meta telah naik 134% tahun ini berkat peningkatan penggunaan AI. Berdasarkan laporan Bloomberg Billionaires Index, kecerdasan buatan telah mendorong kekayaan pendiri Facebook Mark Zuckerberg lebih dari USD57 miliar.



Sementara, pendiri Oracle Larry Ellison kekayaannya melesat mengalahkan Bill Gates pada daftar orang kaya dunia yang dipublikasi awal pekan ini. Harta kekayaannya naik USD47 miliar pada 2023 berkat keuntungan saham teknologi sebesar 55%.

Gates sendiri telah memperoleh USD24 miliar berkat saham Microsoft. Dan pria yang memimpin salah satu kisah sukses terbesar pasar saham tahun 2023 adalah pendiri Nvidia Jensen Huang. Kekayaan pribadinya melonjak sebesar USD24 miliar.



Adapun sebagian besar terdorong saham Huang selaku pembuat chip dengan peningkatan nilai pasar sebesar 192% telah mengangkat perusahaan dengan kapitalisasi mencapai USD1 triliun. Insider melaporkan daftar kekayaan gabungan mereka melonjak lebih dari USD150 miliar tahun ini.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)