Jajal Kereta Cepat yang Melaju 350 Km/Jam, Luhut: Nyaman, Bisa Rapat Tanpa Bising

Kamis, 22 Juni 2023 - 17:00 WIB
loading...
Jajal Kereta Cepat yang Melaju 350 Km/Jam, Luhut: Nyaman, Bisa Rapat Tanpa Bising
Menko Luhut menceritakan, kesannya usai menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar yang sempat melaju dengan kecepatan tembus 385 km per jam, meski hanya sebentar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan, kesan-kesannya usai menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar, Bandung pada Kamis (22/6/2023). Hebatnya, uji coba kereta cepat tersebut dilakukan dalam kecepatan 350 km per jam.



Luhut menceritakan, bahwa dalam uji coba tersebut bahwa kereta sempat melaju dengan kecepatan 385 km per jam, namun hanya sebentar. Dari uji itu, Luhut mengatakan, bahwa semuanya berjalan dengan lancar dan nyaman. Bahkan Ia tadi sempat mengadakan rapat dengan stakeholder lainnya di dalam kereta.

"Menurut saya tingkat suara, kekedapan suara, kemudian tadi kegoyangan dan sebagainya itu betul-betul sangat bagus. Kita bisa rapat di dalam tanpa suara keras dengan suara yang biasa saja. Jadi sangat baik," kata Menko Luhut di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Kamis (22/6/2023).



Luhut menyebutkan, bahwa adanya kereta cepat Jakarta-Bandung ini merupakan suatu teknologi yang bagus untuk transportasi di Indonesia.

"Ini saya kira loncatan teknologi, karena tadi Pak Liu bicara dengan kami dan Pak Menteri Perhubungan, kita sudah minta nanti akan kami laporkan presiden, preliminary study untuk Bandung sampai ke Surabaya," katanya.

Hal senada juga disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang mengungkapka,n bahwa kereta cepat Jakarta-Bandung ini bejalan dengan stabil meskipun dengan kecepatan tinggi.

"Itu menunjukan bahwa rel itu di konstruksi dengan baik. Dari sound barrier maupun barrier sudah baik," katanya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)