Satu Desa Didorong Tanam Satu Komoditas Unggulan

Senin, 29 Agustus 2016 - 15:15 WIB
Satu Desa Didorong Tanam Satu Komoditas Unggulan
Satu Desa Didorong Tanam Satu Komoditas Unggulan
A A A
JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDT) Eko Putro Sandjojo menyatakan dukungan penuh kepada program prioritas Kementerian Pertanian (Kementan) yang akan disamakan dengan desa-desa di seluruh Indonesia. Salah satunya yakni dengan memastikan 1 desa bisa menanam 1 komoditi yang sudah ditentukan oleh Kementan.

Eko menambahkan saat ini memang yang masih jadi kendala yakni sarana dan prasarana yang masih belum menjangkau desa-desa di Indonesia secara menyeluruh untuk menghasilkan komoditi yang berkualitas. "Jadi nanti desa-desa kita programnya akan disamakan dengan program-program kementan, jadi semuanya bisa berjalan secara sinergi," ucapnya di Kantor Kementan, Jakarta, Senin (29/8/2016).

"Salah satu kendala kita adalah sarana dan prasarana pasca panen, jadi nanti sinergi itu dari kementan lebih kepada pertaniannya, jadi kita lebih ke sarana dan prasarananya," sambung dia

Lebih lanjut dia menerangkan alasan mengapa saat ini di desa-desa kesulitan untuk masalah sarana dan prasarana. Hal tersebut lantaran tidak ada desa yang konsentrasi pada produk teetentu. "Maka dari itu, kami minta bantuan Mentan soal datanya mengenai potensi yang bisa digerakkan atau tanaman apa yang bisa ditanam di sana sebagai prioritas," ungkapnya.

Selain itu dia juga menekankan, pihaknya juga akan bekerja sama dengan gubernur dan bupati untuk mengerahkan investor yang berminat untuk investasi di sarana pasca panen. "Kami juga akan bekerja sama dengan gubernur dan bupati atau mungkin satu kecamatan mengenai satu produk secara ekonomi visible untuk pengusaha bisa investasi di sarana pasca panen," pungkas dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4359 seconds (0.1#10.140)