Top! Ahli AI Indonesia Dapat Penghargaan Bergengsi di CVPR 2023

Jum'at, 23 Juni 2023 - 14:15 WIB
loading...
Top! Ahli AI Indonesia Dapat Penghargaan Bergengsi di CVPR 2023
Ahli AI yang juga Chief Technology Officer dan Founder Verihubs, Williem. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Teknologi kecerdasan artifisial atau artificial intelligence (AI) saat ini sedang tren dan banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang inovatif dan modern. Sumber daya manusia (SDM) yang paham akan teknologi kekinian itu pun banyak dibutuhkan dewasa ini.

Di dunia, salah satu ajang berkumpulnya para peneliti dan pegiat teknologi adalah Conference on Computer Vision and Pattern Recognition (CVPR).

Untuk tahun ini, konferensi CVPR yang digelar pada 18-22 Juni itu tetap menyedot antusiasme yang tinggi. Terlebih lagi lantaran konferensi ini menghadirkan terobosan-terobosan penelitian terbaru dan memasilitasi para peneliti untuk berkolaborasi dari seluruh penjuru dunia.

Di antara rentetan prestasi dalam konferensi tersebut, salah satu pencapaian yang mencuri perhatian adalah Outstanding Reviewer yang diberikan kepada Williem, seorang peneliti dan expertise AI asal Indonesia.

Kontribusi dan keahliannya dalam bidang Computer Vision (Artificial Intelligence yang mendalami analisa visual) membuat Williem berhasil menerima penghargaan bergengsi tersebut, menjadikannya satu-satunya penerima dari Indonesia pada tahun ini.

Tak hanya CVPR, Williem juga sudah mengikuti berbagai konferensi lainnya pada saat menempuh pendidikan S3 di Korea Selatan seperti International Conference on Computer Vision (ICCV) dan European Conference on Computer Vision (ECCV).

Sejumlah riset telah dilakukan sejak tahun 2012 sampai 2016 untuk membuat karya ilmiah yang bisa layak untuk ditampilkan di konferensi bergengsi.

Tentu bukan perjalanan yang mudah bagi Williem untuk karya ilmiahnya bisa lolos. Meski berulangkali mendapat penolakan, ia pantang menyerah.

“Mungkin ada sekitar 10 sampai 12 paper yang ditolak tapi ya harus dicoba terus, sampai akhirnya di tahun 2015 diterima di ICCV yang ada di Santiago, Chile dan paper tersebut juga yang menjadikan saya sebagai mahasiswa satu-satunya yang berhasil diterima ICCV di antara perusahaan-perusahaan besar lainnya, pada saat itu," ujarnya melalui keterangan tertulis, dikutip Jumat (23/6/2023).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2802 seconds (0.1#10.140)