Electrum Bangun Pabrik Motor Listrik di Cikarang, Siap Produksi 250.000 Unit per Tahun

Jum'at, 23 Juni 2023 - 14:59 WIB
loading...
Electrum Bangun Pabrik Motor Listrik di Cikarang, Siap Produksi 250.000 Unit per Tahun
Direktur Utama Electrum Pandu Sjahrir (dua kiri). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Electrum , perusahaan patungan (joint venture) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) dan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA), hari ini meresmikan pembangunan pabrik motor listrik pertama di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat. Peresmian ditandai dengan peletakan batu pertama.

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur/Presiden Unit Bisnis On-Demand Service Grup GoTo Catherine Hindra Sutjahyo, Direktur Utama Electrum Pandu Sjahrir, Managing Director Electrum Patrick Adhiatmadja, Direktur TBS Juli Oktarina .

Pandu mengatakan, pabrik ini merupakan upaya dari pihaknya bersama dengan GoTo untuk membangun ekosistem kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Dia mengungkapkan, pembangunan pabrik seluas 3 hektare (ha) tersebut ditargetkan rampung dalam waktu 12-15 bulan ke depan. Adapun kapasitas produksinya bisa mencapai 250.000 motor listrik per tahun.

"Di atas lahan 3 hektare ini kami akan bangun pabrik motor listrik. Awalnya kapasitas 250.000 motor listrik per tahun," ungkapnya di Cikarang, Jumat (23/6/2023).



Pandu enggan menyampaikan berapa persisnya investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan pabrik motor listrik tersebut. Namun, dia mengatakan bahwa porsinya investasinya 50% GoTo dan 50% lainnya Electrum.

"Jadi porsinya 50, 50%. Jadi kita akan bangun mulai dengan satu assembly line dengan kapasitas sampai dengan 250.000 per tahun. Kalau dibangun semua cukup untuk empat assembly line, jadi cukup untuk 1 juta," urainya.

Electrum Bangun Pabrik Motor Listrik di Cikarang, Siap Produksi 250.000 Unit per Tahun




Pengusaha kelahiran 17 Mei 1979 itu pun optimistis dengan hasil produksi motor listrik dari pabrik patungan tersebut. Hal tersebut lantaran produk yang dihasilkan bakal mampu bersiang dengan produk motor listrik lainnya.

"Karena kan kalau orang yang sangat suka dengan barangnya pasti beli, contoh HP lah kita pasti beli yang bagus," tukas keponakan Menko bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan itu.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)