Tips MotionTrade: 4 Karakteristik Obligasi yang Perlu Diketahui

Senin, 26 Juni 2023 - 16:39 WIB
loading...
Tips MotionTrade: 4 Karakteristik Obligasi yang Perlu Diketahui
Empat karakteristik dari obligasi yang telah MotionTrade rangkum untuk Anda. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk ( BCAP ) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana dan obligasi yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Salah satu instrumen investasi yang dapat memberikan imbal hasil yang konsisten adalah obligasi. Obligasi dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi dengan risiko rendah. Ada banyak pihak yang menerbitkan obligasi, misalnya negara atau perusahaan. Obligasi memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dengan instrumen investasi yang lain.

Berikut ini merupakan 4 (empat) karakteristik dari obligasi yang telah MotionTrade rangkum untuk Anda:

1. Rating
Pada obligasi, terdapat peringkat yang mencerminkan risiko yang terkandung dari obligasi tersebut. Misalnya AAA, AA+, AA- ,BBB+, dan sebagainya. Peringkat AAA merupakan peringkat yang tertinggi. Semakin tinggi peringkat obligasi, maka risikonya semakin kecil. Penentuan peringkat ini tentunya dilakukan oleh lembaga pemeringkat. Beberapa faktor yang mempengaruhi peringkat obligasi antara lain profit perusahaan, tingkat kepastian pendapatan, proporsi modal terhadap utang, dan lain sebagainya.

2. Coupon Rate
Saat berinvestasi obligasi, Anda akan mendapatkan bunga yang dikenal dengan sebutan kupon. Coupon rate merupakan kisaran bunga/ kupon yang akan Anda dapat dalam periode tertentu. Anda dapat mengetahui informasi mengenai besaran rate kupon pada waktu masa penawaran.

3. Current Yield
Kupon akan diberikan kepada pemegang obligasi sesuai dengan pilihan tenor yang dipilih. Berbeda dengan coupon rate, current yield merupakan hasil kupon dari tingkat suku bunga yang telah ditetapkan. Perhitungan keuntungan ini mengacu pada persentase bunga dalam setahun terhadap harga obligasi.

4. Masa Jatuh Tempo
Pada obligasi, terdapat masa jatuh tempo. Saat jatuh tempo tiba, penerbit obligasi akan membayarkan kupon berserta dengan nilai pokok dana yang Anda investasikan. Jangka waktu jatuh tempo obligasi dapat berbeda-beda. Ada yang 1 tahun, 5 tahun, namun ada juga yang masa jatuh temponya 10 hingga 15 tahun.

Jangan lewatkan penawaran Obligasi & Sukuk Ijarah Berkelanjutan IV Global Mediacom (BMTR) Tahap I Tahun 2023 dengan kupon sebesar 9,25% p.a. untuk tenor 370 hari kalender, 10,25% p.a. untuk tenor 3 tahun, dan 11,25% p.a. untuk tenor 5 tahun. Untuk informasi pemesanan dan jadwal lebih lanjut, Anda dapat mengakses link bit.ly/obligasibmtr2023

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

#MNCSekuritas #MotionTrade #MotionTradeDuluAja #GampangBeliSaham #GampangBeliReksadana #YukInvestasiYuk #InvestasiSaham #InvestasiReksadana #InvestasiObligasi #ObligasiBMTR
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)