China Bukan Jawaranya, Ini 15 Negara dengan Sumber Lithium Terbesar di Dunia

Selasa, 27 Juni 2023 - 14:03 WIB
loading...
China Bukan Jawaranya, Ini 15 Negara dengan Sumber Lithium Terbesar di Dunia
Memakai data dari US Geological Survey untuk mengidentifikasi jumlah sumber daya lithium yang dimiliki masing-masing negara. Berikut daftar 15 negara dengan sumber daya lithium terbesar di dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Lithium adalah logam alkali lunak berwarna putih keperakan yang ditemukan secara alami di seluruh dunia. Logam ini memiliki banyak kegunaan di seluruh dunia, tetapi pemanfaatanelemen ini yang paling umum adalah baterai untuk penyimpanan listrik.



Tren mobil listrik yang sedang menggema, membuat mineral ini banyak dicari. Menurut Survei Geologi AS, 80% dari lithium yang diproduksi di seluruh dunia dikonsumsi untuk pembuatan baterai kendaraan listrik , sementara sisanya digunakan dalam sektor keramik dan kaca, medis, dan penggunaan lainnya.



Ada tiga jenis utama sumber daya Lithium yang tersedia dengan ekstraksi ekonomis. Termasuk di dalamnya air asin, spodumene, dan lepidolite.

Deposit air garam terutama ditemukan di Bolivia, Chili, Argentina, Amerika Serikat dan China, yang merupakan akumulasi air asin terlarut lithium. Sedangkan Spodumene dan lepidolite adalah senyawa batuan keras lithium dengan spodumene memiliki kandungan lithium yang jauh lebih tinggi.

Beberapa sumber daya lithium hard rock terbesar di dunia terletak antara lain terletak di Australia, China, dan Kanada. Memakai data dari US Geological Survey untuk mengidentifikasi jumlah sumber daya lithium yang dimiliki masing-masing negara.

Berikut daftar 15 negara dengan sumber daya lithium terbesar di dunia:

15. Republik Mali

Sumber Daya Lithium di 2022: 840.000 metrik ton

Terkurung daratan di Afrika Barat, Republik Mali memiliki pengalaman luas dengan pertambangan karena emas telah menjadi ekspor utamanya selama hampir 10 tahun berturut-turut. Negara ini juga menyimpan sumber daya mineral lainnya seperti mangan, besi, minyak, lithium, dan masih banyak lagi.

Tercatat ada dua proyek lithium besar dalam tahap eksplorasi dan pengembangan di Mali. Perusahaan patungan antara perusahaan lithium China, Jiangxi Ganfeng Lithium Co. Ltd, dan Australian Leo Lithium Ltd. (ASX: LLL) memimpin dengan Proyek Lithium Goulamina di Mali Selatan. Diproyeksikan tambang tersebut bakal mulai produksi pada akhir H1 2024.

Selain itu Kodal Minerals Plc yang berbasis di Inggris (LSE: KOD) juga dalam pengembangan proyek lithium besar lainnya di Mali dalam kemitraan dengan anak perusahaan pertambangan konglomerat China Fosun International Ltd. Pengembangan juga dilakukan Proyek Lithium Bougouni yang berlokasi di Mali Selatan.

14. Republik Peru

Sumber Daya Lithium pada 2022: 880.000 metrik ton
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)