Utang China Rp323 Triliun, Ini Dampak Proyek Terusan KRA Thailand ke Indonesia

Jum'at, 30 Juni 2023 - 14:07 WIB
loading...
Utang China Rp323 Triliun, Ini Dampak Proyek Terusan KRA Thailand ke Indonesia
5 dampak Terusan KRA Thailand ke Indonesia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terusan Kra mungkin terdengar kurang familiar di Indonesia. Namun, isu tersebut menjadi perbincangan hangat terutama di Singapura dan Malaysia. Terusan Kra merupakan proyek ambisius negara Thailand yang didukung oleh China.

Mengutip researchgate.net terusan ini membelah daratan Thailand menghubungkan Samudra Hindia dan Pasifik. Apabila proyek ini beroperasi, akan menguntungkan kapal-kapal logistik yang sebelumnya melewati semenanjung Malaya dan Singapura.



Kapal-kapal tersebut akan langsung memotong jalur dan melewati kanal tersebut, ini akan memangkas waktu perjalanan 3-4 hari dengan jarak tempuh sekitar 1.500 kilometer (km). Singapura disebut akan menjadi negara yang terkena dampak paling besar jika megaproyek ini terealisasi.

Sementara bagi China, yang mengimpor minyak dari Afrika dan Timur Tengah, jarak tempuh lebih pendek akan lebih efisien. Dilihat secara geopolitik, bahwa pembangunan Terusan Kra merupakan salah satu upaya China untuk menyelesaikan Jalur Sutera yang diramal akan meningkatkan perekonomian China.

Hal itu dibuktikan dengan rencana China yang berusaha memberikan pinjaman dan bantuan teknologi pada Pemerintah Thailand untuk membangun Terusan Kra. Disebut oleh Nikkei Asian Review, nilai utang China pada proyek Terusan Kra tersebut mencapai RM100 miliar atau setera Rp323 triliun.

Terusan Kra dianggap memberikan dampak positif yang besar bagi perekonomian nasional apabila Indonesia mampu memanfaatkan Pelabuhan Sabang dan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan berstandar internasional yang mampu melayani bongkar-muat kapal asing sekaligus sebagai hub internasional menggantikan pelabuhan Singapura.



Namun, pemerintah perlu meningkatkan implementasi tol laut yang sudah dicanangkan dan diimplementasikan sejak 2015 sebagai sarana arus distribusi dari dan ke Pelabuhan Sabang dan Pelabuhan Kuala Tanjung. Implementasi tol laut menjadi daya pikat bagi investor asing untuk membangun pabrik pengolahan barang setengah jadi atau barang jadi di sekitar ujung Sumatera, seiring dengan pengaktifan Pelabuhan Sabang dan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan internasional. Berikut 5 dampak pembangunan Terusan KRA Thailand bagi Indonesia berdasarkan skenarion IDE-JETRO.

1. Provinsi Naggroe Aceh Darussalam akan terdampak positif dengan peningkatan ekonomi, terlebih jika pelabuhan Sabang dan Kuala Tanjung dapat ditingkatkan kapasitas bongkar muat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)