Pengumuman! Pertamina Bakal Jual BBM Baru Seharga Rp13.200 per Liter

Senin, 03 Juli 2023 - 20:46 WIB
loading...
Pengumuman! Pertamina Bakal Jual BBM Baru Seharga Rp13.200 per Liter
Pertamina akan menjual BBM baru pada Juli mendatang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) menetapkan harga bahan bakar minyak ( BBM ) jenis baru yakni, Pertamax Green 95 senilai Rp13.200 per liter. Besaran harga tersebut dikonfirmasi langsung Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury.



Pahala mengatakan uji coba penjualan Pertamax Green 95 mulai dilakukan Juli 2023. Pertamina mulai menjual bahan bakar Bioetanol tersebut di 17 titik SPBU. Rinciannya, 11 titik SPBU di Jawa Timur dan enam titik SPBU di DKI Jakarta.

"Di kisaran Rp13.200, insya Allah di kisaran segitu. Dalam bulan Juli ini kita akan lakukan penjualan, kita rencananya akan mulai di Jatim, lalu nanti di DKI. Kemungkinan ada 17 titik SPBU yang akan menjual Green Pertamax 95, kurang lebih 11 titik di Jatim, mungkin 6 di Jakarta," ujar Pahala saat ditemui wartawan, Senin (3/7/2023).

Dalam proses uji coba penjualan, Pertamina masih fokus di Jakarta dan Jawa Timur. Pahala menyebut penjajakan pasar masih dilakukan terlebih dahulu, sebelum Pertamina memperluas penjualannya di daerah lain.

Dia mengaku pasokan bioetanol masih terbatas saat ini, sehingga perluasan penjualan ke daerah lain masih menjadi pertimbangan. "Kita akan lakukan penjajakan pasar dulu di dua kota ini, sekarang ada keterbatasan dari jumlah bioetanol yang tersedia. Tapi nanti kalau misalnya kita lihat sukses kita akan kembangkan juga untuk menambah kapasitas produksi bioetanol," ucapnya.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Dadan Kusdiana mengungkapkan, pihaknya siap melakukan uji coba komersialisasi bioetanol mulai awal Juli 2023 mendatang.



Dadan menuturkan, proses uji coba komersialisasi itu tak lepas dari perintah Presiden Joko Widodo melalui Perpres No. 40 Tahun 2023 tentang Percepatan Swasembada Gula Nasional dan Penyediaan Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Nabati (Biofuel).

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1058 seconds (0.1#10.140)