5 Proyek Infrastruktur Pakistan Disebut Kena Jebakan Utang China, Ada Jalan Tol hingga Kereta Api

Selasa, 04 Juli 2023 - 15:31 WIB
loading...
5 Proyek Infrastruktur Pakistan Disebut Kena Jebakan Utang China, Ada Jalan Tol hingga Kereta Api
Layanan kereta api dalam kota Karachi Circular Railway (KCR), yang dihentikan pada tahun 1999, melaju setelah diresmikan kembali pada 19 November 2020. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Pakistan meminjam utang dari China untuk membangun sejumlah proyek infrastruktur dari pembangkit listrik, pelabuhan hingga jalan tol. Menurut sebuah studi Dana Moneter Internasional (IMF), utang luar negeri Pakistan menggelembung menjadi USD90,12 miliar pada April 2021, dengan kota Islamabad berutang kepada China USD24,7 miliar atau lebih dari 27% beban utang Pakistan.

Menurut IMF, beban utang tersembunyi dan utang negara akan menjadi penyebab utama keprihatinan Pakistan dalam beberapa waktu mendatang. Aset Pakistan akan dikaitkan dengan ekonomi China.

Pakistan sendiri memiliki 26 proyek dengan China yang tertuang dalam China-Pakistan Economic Corridor (CPEC). Ini termasuk delapan proyek energi, empat transportasi, satu komunikasi, tiga pendidikan, dua perbankan dan jasa keuangan, satu ekonstruksi dan rehabilitasi, serta dua pemerintah dan masyarakat sipil. Berikut 5 proyek infrastruktur Pakistan yang dibangun dari utang China.

1. Pembangkit Listrik Sahiwal

Pembangkit Listrik Sahiwal merupakan pembangkit tenaga batubara berkapasitas 1.320 megawatt (MW) yang dibangun di Sahiwal Punjab. Proyek ini merupakan salah satu proyek energi terbesar di Pakistan dan telah membantu meningkatkan pasokan listrik di negara tersebut.

Pembangkit Listrik Sahiwal terletak di dekat Kota Sahiwal di Provinsi Punjab, Pakistan. Lokasi yang strategis mudah untuk akses pasokan batu bara. Baca Juga: 5 Proyek Raksasa Sri Lanka yang Terjebak Utang China, dari Pelabuhan hingga Bandara

Pembangkit Listrik Sahiwal menggunakan teknologi superkritikal yang efisien. Teknologi tersebut memungkinkan pembakaran batu bara dengan efisiensi yang lebih tinggi dengan hasil emisi yang cukup rendah.

Pembangkit ini berperan penting untuk memenuhi kebutuhan listrik di Pakistan. Dengan kapasitas yang besar dapat menyediakan pasokan listrik yang signifikan untuk memenuhi kebutuhan komersil dan rumah tangga.

2. Pelabuhan Gwadar

Pelabuhan Gwadar merupakan bagian penting dari Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC). Pelabuhan ini telah diperluas dan ditingkatkan dari utang China. Gwadar diharapkan menjadi pelabuhan utama di wilayah tersebut dan berperan dalam meningkatkan konektivitas regional dan perdagangan. Pelabuhan Gwadar terletak di pesisir Laut Arab, di Provochistan, Pakistan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)