Masuk ke Industri Besar, Sinar Mas Ajak UMKM Melek Digital

Rabu, 05 Juli 2023 - 11:41 WIB
loading...
Masuk ke Industri Besar, Sinar Mas Ajak UMKM Melek Digital
Sinar Mas Digital Day bertema Melaju Bersama untuk Indonesia Maju , di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (9/6/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Melalui gelaran Sinar Mas Digital Day, Sinar Mas terus mendorong digitalisasi UMKM agar naik kelas. Gelaran ini penting untuk memanfaatkan peluang bagi UMKM tumbuh dan berkembang masuk ke industri besar.

"Dengan digitalisasi kita bisa lebih inklusif kepada UMKM, sejalan dengan program UMKM naik kelas yang telah diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada 3 Oktober 2022," ujar Board Member Sinar Mas Franky Widjaja dalam pernyataannya, dikutip, Rabu (5/7/2023).



Sinar Mas Digital Day bertema Melaju Bersama untuk Indonesia Maju digelar pada Jumat (9/6/2023), di ICE BSD City, Tangerang Selatan. Pada acara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesi (KADIN), Arsjad Rasjid mengatakan kemungkinan besar, transformasi digital bagi masa depan Indonesia lebih dari sekadar tren yang berlalu.

Ia pun memaparkan, data dari Forum Ekonomi Dunia (WEF) pada tahun 2025 menyatakan bahwa transformasi digital dapat menghasilkan nilai hingga USD100 triliun secara global untuk bisnis dan masyarakat.

Untuk Indonesia, tambahnya, manfaat transformasi digital sudah terlihat jelas. Ekonomi digital Indonesia pun diperkirakan akan tumbuh menjadi USD130 miliar pada 2025, seperti dilaporkan oleh Temasek, Google, dan Bain & Company.

"Kami juga mengakui komitmen teguh Sinar Mas yang tidak hanya beradaptasi dengan era digital, tetapi juga mendorong perubahan, khususnya dalam mendukung transformasi digital di segmen mikro, kecil, dan menengah atau UMKM melalui system kemitraan terpadu yang inklusif," kata dia.

Dia mengatakan program bantuan ini dirancang dengan tujuan mengembangkan ekosistem inklusif dengan mengintegrasikan UMKM ke dalam ekonomi digital, sehingga tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi tetapi juga memupuk masyarakat yang seimbang yang diberdayakan oleh alat-alat digital.

Melalui upaya yang signifikan ini, ia menegaskan langkah Sinar Mas menjadi contoh kepemimpinan aktif dan semangat kolaboratif yang mendorong Indonesia menuju masa depan digital yang makmur. Menurut Kadin, transformasi digital merupakan kunci untuk membuka masa depan Indonesia, karena bisnis pada skala UMKM akan menjadi tulang punggung ekonomi dengan menyerap jutaan tenaga kerja, dan memberikan kontribusi yang signifikan pada PDB.

"Oleh karena itu, transformasi digital bagi UMKM sangatlah penting. Peran kami sebagai sektor swasta adalah menciptakan lingkungan yang mendorong eksplorasi dan inovasi, memungkinkan bisnis-bisnis untuk menjelajahi lanskap digital dengan efektif," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)