Tinjau Persiapan Papua Street Carnival 2023, Sandiaga Uno: Buka Lapangan Kerja

Kamis, 06 Juli 2023 - 14:55 WIB
loading...
Tinjau Persiapan Papua Street Carnival 2023, Sandiaga Uno: Buka Lapangan Kerja
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan meninjau persiapan Papua Street Carnival 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pastikan acara berlangsung sukses, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau langsung persiapan Papua Sreet Carnival 2023 di Kantor Gubernur Jayapura, Papua pada Kamis (6/7/2023).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya melihat sejumlah kesibukan yang dilakukan anak-anak muda Jayapura. Mulai dari penataan panggung, tenda hingga area utama Papua Street Carnival yang berada tepat di depan Kantor Gubernur.



Dirinya juga melihat sejumlah desain busana yang akan dipamerkan para peserta dalam parade busana yang digelar padaJumat (7/7/2023). Di antaranya busana bercorak burung cendrawasih merah, kepiting hitam Papua, kopi Wamena, tumbuhan palma, ikan pelangi Sentani serta busana bermotif aneka flora dan fauna endemik Papua lainnya.

"Alhamdulillah saya melihat bahwa semangat rekan-rekan PYCH ( Papua Youth Creative Hub ) dan para pendukung acara serta kelengkapan semuanya sudah final dan kita doakan besok cuacanya mendukung, sehingga acara berjalan lancar dan bisa menghibur masyarakat Papua," kata Sandiaga Uno.

"Ini akan kita pertontonkan kepada dunia. Dan karena besok juga akan live streaming ini sangat dipantau oleh para penggemar event dunia karena kita akan sejajarkan Papua Street Carnival ini dengan Rio Carnival (di Brazil), di dalam negeri ada seperti Jember Fashion Carnival," katanya.

Tak hanya itu, dirinya bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan juga meninjaupameran ekonomi kreatif yang diisi oleh lebih dari 3.000 pelaku UMKM. Para UMKM tersebut memamerkan beragam produk ekonomi kreatif unggulan Papua, di antaranya kuliner, kriya, fesyen, hingga peralatan elektronik.



Selain menampilkan parade busana dan pameran ekraf, Papua Street Carnival bertajuk Papua Extravaganza (The East Great Spirit) itu akan dimeriahkan dengan ratusan perahu hias dan sederet pengisi acara dari masyarakat Papua.

Selebrasi ini melibatkan peran aktif dari berbagai pihak. Mulai dari Kemenparekraf sebagai inisator kegiatan, berkolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub yang merupakan komunitas binaan BIN (Badan Intelijen Negara) serta seniman, perajin, pelaku industri kreatif Papua.

Presiden Joko Widodo pun dijadwalkan akan membuka dan menyaksikan langsung Papua Street Carnival 2023 bersama sejumlah menteri dan pimpinan lembaga lain. "Talenta dari anak negeri tanah Papua dan kearifan lokal ini memang sangat berkelas dan saya yakin bisa kita poles untuk secara total mampu membuka peluang usaha dan lapangan kerja," ungkap Sandiaga Uno.

"Sehingga target pemerintah menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di sektor parekraf di 2024 melalui acara Papua Street Carnival ini saya yakin bisa diwujudkan," ujarnya bersemangat.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)