Apresiasi atas Komitmen dan Konsistensi Terapkan K3 di Lingkup Perusahaan

Jum'at, 07 Juli 2023 - 16:55 WIB
loading...
Apresiasi atas Komitmen dan Konsistensi Terapkan K3 di Lingkup Perusahaan
Rekind terus berkomitmen menerapkan K3 di lingkup kerja usaha. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berkat komitmen dan konsistensinya dalam menerapkan keselamatan kerja, PT Rekayasa Industri ( Rekind ) meraih penghargaan Zero Accident atau Nihil Kecelakaan Kerja dari Kementerian Tenaga Kerja , mewakili pemerintah Republik Indoesia. Penyematan penghargaan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Binwasnaker & K3 Kementerian Tenaga Kerja, beberapa waktu lalu.



K3 Awards merupakan penghargaan di bidang Norma K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) bagi perusahaan yang dinilai konsisten melaksanakan Program K3 dan berhasil dalam pencegahan kecelakaan kerja (nihil kecelakaan kerja) dalam kurun waktu 3 tahun berturut-turut (9 November 2020 – 31 Desember 2022) dengan total jam kerja orang (JKO) mencapai 1.343.551 jam tanpa kecelakaan.

Kriteria penilaian pemerintah difokuskan pada kegiatan kerja Rekind dalam pembangunan dan pengembangan Proyek RDMP RU VI – Balongan Phase-1 : CDU Light Distillate Section Upgrading, di Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

“Rekind, sebagaimana nature-nya perusahaan yang berkecimpung di bisnis EPC, memiliki risiko yang sangat tinggi. Kami selalu berkomitmen untuk konsisten menjalankan program K3 dan Lindungan Lingkungan. Alhamdulillah, komitmen ini kembali melahirkan prestasi dengan diraihnya Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) di Proyek CDU Balongan yang dikerjakan Rekind,” ujar Direktur Utama Rekind Triyani Utaminingsih yang kerap disapa Yani, dalam keterangannya, Jumat (7/7/2023).

Terkait kondisi kesehatan pekerja, Rekind juga mewajibkan seluruh karyawannya, baik yang di proyek ataupun di home office, untuk melakukan kegiatan medical check up setiap tahun. Upaya ini dilakukan untuk mengetahui status kesehatan karyawan, sekaligus untuk mengantisipasi penyakit serius di kemudian hari.

Rekind juga mengedepankan Safety Induction bagi siapa saja yang berkunjung, baik ke lokasi proyek maupun home office Rekind. Safety Induction ini merupakan penjelasan dan pengarahan tentang K3 yang berkaitan dengan potensi bahaya, pengendalian bahaya, alat pelindung diri (APD) yang diwajibkan, tanggap darurat, dan tata cara penyelamatan.

Dalam HSE-e Board, Rekind juga menerapkan Contractor Safety Management System (CSMS). CSMS merupakan sistem K3 yang diterapkan Rekind kepada sub kontraktor yang ikut ambil bagian dalam kegiatan proyek yang dikerjakan Rekind.

Sepanjang sejarah perjalanannya dalam kegiatan proyek, penghargaan Zero Accident atau nihil kecelakaan kerap diperoleh Rekind. Di tahun 2021, Rekind dianugerahi dua penghargaan sekaligus. Penghargaan pertama diperoleh melalui kegiatan pembangunan di PLTU Lombok CFSPP – FTP-2, di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, dengan pencapaian 2.160.863 jam kerja orang tanpa kecelakaan, terhitung sejak 1 Juni 2019 sampai dengan 31 Agustus 2020.

Penghargaan kedua diperoleh melalui penegerjaan proyek Oil & Gas Flare Relocation Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan pencapaian 1.857.635 jam kerja orang tanpa kecelakaan, terhitung sejak 1 Februari 2019 sampai dengan 31 Desember 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)