Tak Punya Attitude, Robot AI Tidak Akan Menggantikan Pekerjaan Manusia

Sabtu, 08 Juli 2023 - 19:27 WIB
loading...
Tak Punya Attitude, Robot AI Tidak Akan Menggantikan Pekerjaan Manusia
Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim dalam rangkaian acara Festival Gen Z 2023, di MNC Conference Hall, Jakarta, Sabtu (8/7/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim mengungkapkan generasi muda tidak perlu cemas dengan kehadiran robot AI . Kecerdasan buatan ini diyakini tidak akan menggantikan pekerjaan manusia.

"AI dan teknologi itu tidak punya teman, dan tidak punya attitude, sementara orang kalau mau sukses harus punya networking, caranya macam macam, berorganisasi, berbisnis, apa saja yang menambah teman, teman bisa menambah opportunity, kalau ada masalah bisa membantu," ujar Silmy dalam acara Festival Gen Z 2023 di MNC Conference Hall, Sabtu (8/7/2023).



Dia berpesan kepada generasi muda agar tidak menutup diri terhadap pergaulan. Sebab, menurutnya networking menjadi modal untuk berkembang dan kehadiran teknologi dapat untuk memperluas jaringan.

Memperluas jaringan telah dibuktikan Silmy Karim saat dipercaya temannya memimpin perusahaan alutsista negara, yaitu PT Pindad (Persero) beberapa tahun lalu.

"Saya tidak akan sampai saat ini kalau dulu tidak diberikan kesempatan senior-senior saya, termasuk proses percepatan dan memberikan kesempatan. Tapi jangan kita berharap diberikan kesempatan jika tidak mampu bersaing," jelasnya.

Di samping memperkuat networking, yang paling penting dimiliki adalah attitude. Sebab, menurutnya hal itu modal awal agar seseorang lebih mudah diterima dalam pergaulan. "Kenapa attitude penting, karena orang akan nyaman dengan kita memang suatu trust, bangun track record, apalagi sekarang ada jejak digital," lanjut Silmy.



Silmy berpesan kepada generasi muda untuk mempersiapkan diri ditengah persaingan yang ketat. Dia meminta, jangan sampai hanya menjadi penonton di negeri sendiri. "Persaingan luar biasa, nanti harus menghadapi orang-orang hebat dari luar negeri, jadi berlomba-lombalah menambah daya saing dan menangkan pertarungan," pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)