10 Kereta Tercepat di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Suci

Senin, 10 Juli 2023 - 09:33 WIB
loading...
10 Kereta Tercepat di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Suci
Mengantar penumpang antar pusat kota dengan kecepatan di atas 180 mph, kereta cepat menawarkan kombinasi kecepatan dan kenyamanan yang menarik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kereta api berkecepatan tinggi menjadi alternatif transportasi paling efektif dan sudah menginspirasi banyak pelancong untuk mengurangi ketergantungan mereka pada maskapai penerbangan. Mengantar penumpang antar pusat kota dengan kecepatan di atas 180 mph, kereta cepat menawarkan kombinasi kecepatan dan kenyamanan yang menarik.



Ratusan miliar dolar telah diinvestasikan dalam proyek kereta api berkecepatan tinggi dan berkapasitas tinggi di seluruh Eropa dan Asia sejak tahun 1980-an. Era kereta cepat dipelopori oleh Shinkansen Jepang dan Train a Grand Vitesse (TGV) di Prancis.



Dalam satu dekade terakhir, China telah menjadi pemimpin dunia yang tak terbantahkan soal kereta cepat. China membangun jaringan kereta api baru sepanjang 38.000 kilometer yang menjangkau hampir setiap sudut negara.

Sementara itu Spanyol, Jerman, Italia, Belgia dan Inggris juga memperluas jaringan Eropa, dimana dengan negara-negara lain diperkirakan bakal menyusul pada tahun 2030-an. Berikut daftar 10 kereta tercepat yang ada di dunia saat ini.

1. Shanghai Maglev - 460 kph/286 mph (China)

Kereta cepat menggunakan levitasi magnetik (Maglev) daripada roda baja konvensional di rel baja. Menghubungkan bandara Pudong Shanghai dengan stasiun Longyang Road di pusat kota, kereta Shanghai Maglev memiliki kecepatan komersial maksimum mencapai 460 kilometer per jam.

Shanghai Maglev mampu melibas jarak 30 kilometer (19 mil) hanya dalam tujuh setengah menit. Berdasarkan teknologi Jerman, magnet yang kuat membuat perjalanan dengan kereta Maglev bagai terbang dengan halus dan bebas gesekan.

10 Kereta Tercepat di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Suci


Dengan pengalaman mengoperasikan selama lebih dari satu dekade, China kini telah mengembangkan kereta Maglev 600 kph (373 mph). Ditambah ada rencana ambisius untuk memperluas jaringan Maglev, termasuk jalur antara Shanghai dan Hangzhou.

2. CR400 ‘Fuxing’ – 350 kph/217 mph (China)

Selain punya jalur kereta cepat terpanjang di dunia, China juga mempunyai kereta paling cepat. Kereta CR400 "Fuxing" bisa melaju dengan kecepatan maksimum 350 kpj (217 mph), namun saat pengujian sempat menyentuh 420 kpj (260 mph).

10 Kereta Tercepat di Dunia, Salah Satunya Ada di Kota Suci
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)