Kelangkaan Obat Kanker, AS Izinkan Impor dari China

Rabu, 12 Juli 2023 - 10:29 WIB
loading...
Kelangkaan Obat Kanker, AS Izinkan Impor dari China
Amerika Serikat (AS) kelangkaan obat kanker. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Kekurangan obat kanker yang memburuk tahun ini di AS merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat. Tidak ada perbaikan yang mudah. Upaya kolaborasi bersama antar pemangku kepentingan diperlukan untuk mengantisipasi kelangkaan obat-obatan.

Melansir Forbes, kekurangan obat di AS telah menjadi masalah kronis selama beberapa dekade dengan lonjakan siklus setiap sepuluh tahun. Komite Senat Urusan Keamanan Dalam Negeri dan Pemerintahan melaporkan, antara tahun 2001 dan 2011 jumlah kekurangan obat baru berkisar antara 58 tahun 2004 hingga 267 pada 2011.

Tren kekurangan obat yang baru dilaporkan menurun dari tahun 2018 hingga 2021, tetapi kemudian naik lagi menjadi 160 pada 2022. Pada kuartal pertama tahun ini menandai puncak lain dalam siklus tersebut dengan 301 kelangkaan aktif pada awal April.



Situasi ini lebih buruk dibandingkan tahun 2011, baik dalam hal jumlah obat maupun dampaknya terhadap pasien. Pada awal Juli tahun ini, terdapat 15 obat onkologi yang masuk dalam daftar kekurangan obat resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA).

Di antara obat yang saat ini mengalami kekurangan adalah karboplatin, agen kemoterapi yang digunakan untuk mengobati kanker payudara triple negatif, serta kanker ovarium dan kanker kepala dan leher.

Obat lain yang kekurangan pasokan adalah cisplatin, yang telah menjadi tulang punggung rejimen kanker paru-paru selama bertahun-tahun. Selain karboplatin dan cisplatin, obat kanker lain yang ketersediaannya terbatas meliputi 5-fluorourasil, fludarabine fosfat, dacarbazine, metotreksat, amifostine, azacitidine, dan capecitabine. Dikhawatirkan kelangkaan obat lain juga segera menyusul, seperti doxorubicin, komponen penting dalam pengobatan kanker payudara, leukemia, dan limfoma, serta nab-paclitaxel, terapi yang umum digunakan pada kanker pankreas dan kanker payudara metastasis.

Impor China

FDA membuka jalan impor obat kanker dari China karena kekurangan obat kanker utamanya untuk kemoterapi. The Hill melaporkan, seorang juru bicara FDA telah mengkonfirmasi izin 10 lot tambahan obat kanker cisplatin yang umum untuk didistribusikan oleh perusahaan China Qilu Pharmaceutical.

Cisplatin saat ini sedang mengalami kelangkaan bersama dengan obat kanker umum lainnya, yaitu karboplatin. Kedua obat ini sering diresepkan bersamaan digunakan untuk mengobati berbagai macam kanker seperti kanker payudara, paru-paru dan prostat. Langkah terbaru ini pertama kali dilaporkan Bloomberg.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)