Tips Cegah WNI Berobat ke LN, Digital Marketing Perlu Diperkuat

Selasa, 11 Juli 2023 - 00:06 WIB
loading...
Tips Cegah WNI Berobat ke LN, Digital Marketing Perlu Diperkuat
Ilustrasi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kualitas layanan yang belum optimal menjadi alasan warga Indonesia memilih rumah sakit luar negeri untuk berobat. Akibatnya, negara kehilangan potensi pendapatan yang diperkirakan mencapai ratusan triliun.

Faktor utama yang membuat masyarakat melirik rlebih memilih berobat ke luar negeri, di antaranya branding dan marketing. Pemerintah bukan tanpa upaya untuk bisa mengajak masyarakat Indonesia berobat di negeri sendiri. Indonesia setidaknya telah memiliki 33 Rumah Sakit yang berada di bawah Kemenkes.

Badan Layanan Umum (BLU) juga memperkuat jejaring layanan rumah sakit di Indonesia, guna tercipta rumah sakit terbaik di bidangnya sebagai upaya meningkatkan kemampuan Rumah Sakit Vertikal. Kemenkes telah menggandeng RS Premier Bintaro (RSPB), PT. Mandiri Inhealth, dan beberapa Rumah sakit besar untuk turut berbagi pengalaman dan pengetahuan pada Workshop Branding dan Marketing Layanan Unggulan Rumah Sakit Vertikal, yang diselenggarakan selama 3 hari di Bali dari tanggal 22–24 Juni 2023.



Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan rumah sakit vertikal harus menjalankan perannya dengan memenuhi tiga fungsi. Pertama diharapkan bisa menjadi pengampu dan contoh dalam memberikan pelayanan pada pasien dari sebelum hingga sesudah menjalani perawatan, dengan harapan pelayanan setara level rumah sakit di Asia. Kedua rumah sakit vertikal didorong untuk mewujudkan program nasional.

"Rumah sakit vertikal tidak boleh hanya memperbaiki dirinya tetapi juga harus mengampu rumah sakit lain, baik dari sumber daya manusia kesehatan maupun fasilitas yang disediakan," ujar Menkes Budi.

Fungsi ketiga adalah menjadi tongkat riset terbaik di Indonesia yang diharapkan dapat menghasilkan sebuah metode pelayanan terbaru agar semua aspek layanan kesehatan di Indonesia menjadi semakin baik. Untuk mencapai tujuan ini fungsi branding dan juga marketing di bidang kesehatan juga dirasa memiliki peran yang sangat penting.



Sementara, CEO RSPB, dr. Martha M.L. Siahaan beranggapan marketing dan branding merupakan investasi jangka panjang secara teratur dan kreatif. Berikut tips mencegah WNI berobat ke luar negeri.

1. Ciptakan image positif
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)